Nahli, Syarifah Najwa Aisha (2024) Peran Twitter Sebagai Electronic Word of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Film Korea Exhuma di Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
Cover.pdf - Accepted Version Download (748kB) |
|
Text (BAB 1-3)
BAB 1-3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Exhuma menjadi film asal Korea Selatan yang mampu meraih jumlah penonton terbanyak di Indonesia melampaui film terkenal dunia, Parasite. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peran dari electronic word of mouth (e-WOM) melalui media sosial Twitter, pada jumlah penonton film Exhuma di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan teori proses pembelian Belch & Belch, Hierarchy of Effect. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka penelitian terdahulu. Sebanyak 10 responden dipilih melalui metode purposive sampling dari 61 responden kuesioner. Objek observasi, autobase @kdrama_menfess (Twitter). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seluruh elemen pada e-WOM memang benar terjadi di balik proses pembelian film Exhuma. Konsumen mencari dan mendapatkan informasi mengenai film Exhuma di Twitter (search), mengetahui alur cerita yang unik (benefit), review positif di Twitter (support), adanya efek review negatif dalam pembelian (influence), kredibilitas sumber dianggap cukup penting (trust), karakteristik menyukai pernyataan fakta dan pakar film (characteristic), Twitter menjadi media sosial yang digunakan untuk mencari informasi (technology), dan adanya pengaruh foto dan video dalam konten (images). Setelah proses e-WOM, para konsumen akan berada pada tahap minat beli (hierarchy of effects) dengan mulai mengetahui film Exhuma jauh dari film tersebut dirilis (awareness), mencari informasi lebih dari tiga kali (knowledge), menyukai alur cerita dan para pemain (liking), membandingkan dengan film lain (preference), keputusan pembelian diperkuat oleh alur cerita yang unik dan review yang baik (conviction), hingga pembelian yang dilakukan (purchase). Dengan demikian, electronic word of mouth (e-WOM) dalam Twitter dinyatakan berperan positif pada jumlah penonton film Korea Exhuma di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, e-WOM, Twitter, Exhuma, Hierarchy of Effects |
Subjects: | Business > Advertising Management > Business Plan > Business > Advertising Marketing > Advertising Customer Behavior Marketing Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Syarifah Najwa Aisha Nahli |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 09:49 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 09:49 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10540 |
Actions (login required)
View Item |