Analisis Strategi Konten Instagram dalam Meningkatkan Social Media Engagement (Studi Kasus Konten Edukasi Pra-Nikah Pada Instagram @Jofisah.id)

Putri, Rahmi Aulia (2024) Analisis Strategi Konten Instagram dalam Meningkatkan Social Media Engagement (Studi Kasus Konten Edukasi Pra-Nikah Pada Instagram @Jofisah.id). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (242kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (12kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi konten Instagram pada akun @Jofisah.id dalam meningkatkan social media engagement, dengan fokus pada konten edukasi pra-nikah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, mengadopsi teori 4C dari Chris Heuer (Context, Communication, Collaboration, Connection) dan teori social media engagement dari Katie Paine. Analisis dilakukan terhadap tiga konten utama yang dipublikasikan selama November - Desember 2023, dipilih karena bertepatan dengan masa persiapan pernikahan yang intens di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @Jofisah.id berhasil meraih tingkat social media engagement yang tinggi melalui penerapan strategi konten yang relevan. Konten yang disajikan tidak hanya berhasil menarik perhatian pengikut (lurking), tetapi juga mendorong mereka untuk terlibat lebih aktif (casual dan active engagement), hingga menciptakan loyalitas yang lebih dalam (committed dan loyalty). Konten dengan pesan yang kuat serta relevansi yang tinggi dapat meningkatkan interaksi dan loyalitas pengikut. Penelitian ini mengungkapkan bahwa keberhasilan strategi konten @Jofisah.id terletak pada kemampuannya dalam menyampaikan pesan yang relatable dan konsisten dalam menyajikan konten, khususnya konten edukasi

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Social Media Engagement, Strategi Konten Instagram, Edukasi Pra-Nikah.
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rahmi Aulia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:47
Last Modified: 10 Sep 2024 07:47
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item