Analisis Proses Penyelesaian Klaim Barang Rusak Dalam Pengiriman Pada PT XYZ Menggunakan Process Activity Mapping dan Value Stream Mapping

Karyasih, Hanifah Nuraeni (2024) Analisis Proses Penyelesaian Klaim Barang Rusak Dalam Pengiriman Pada PT XYZ Menggunakan Process Activity Mapping dan Value Stream Mapping. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 cover.pdf - Accepted Version

Download (343kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy

Abstract

Dalam melakukan proses pengiriman yang dijalankan PT XYZ, adanya kondisi kerusakan barang memiliki peluang untuk terjadi pada kondisi aktual di lapangan. Divisi Claim & Insurance bertanggung jawab untuk melakukan proses penyelesian klaim. Dari proses yang dilakukan terdapat panjangnya waktu penyelesaian klaim, sehingga dilakukan dengan mengidentifikasi masalah menggunakan metode Value Stream Mapping (VSM) dan Process Activity Mapping menggunakan identififikasi waste yang bertujuan untuk mengetahui pemborosan pada proses penyelesaian klaim. Dari identifikasi yang dilakukan diketahui terdapat banyaknya waktu dari kategori NVA dan NNVA dengan presentase sebesar 12,2% dan 85,3% yang menunjukkan lamanya proses penyelesaian klaim barang rusak akibat adanya waktu tunggu dan proses berulang. Selanjutnya dilakukan analisis untuk mengetahui faktor penyebab masalah menggunakan diagram fishbone dan 5W+1H untuk mendapatkan rencana usulan perbaikan yang akan dilakukan dalam mengatasi perlamasalah tersebut. Usulan perbaikan yang dapat diberikan diantaranya yaitu pembuatan form konfirmasi klaim customer, list solving proses retur dan settelement di lokasi bongkar, rancangan tools rekap data secara otomatis untuk pelaporan klaim ke asuransi, dan pembuatan SOP proses penyelesaian klaim barang rusak.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Proses Klaim, Process Activity Mapping, Value Stream Mapping, Diagram Fishbone, 5W+1H
Subjects: Industrial & Manufacturing Engineering > Business Process Reengineering
Industrial & Manufacturing Engineering > Service Industry
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Hanifah Nuraeni Karyasih
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:52
Last Modified: 11 Sep 2024 02:52
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10663

Actions (login required)

View Item View Item