Analisis Komparatif Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tipe Penggunaan Smartphone Terhadap Kemampuan Literasi Digital (Studi Pada Generasi Z Di Kecamatan Setiabudi)

Masdipura, Rizky Maulana (2024) Analisis Komparatif Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tipe Penggunaan Smartphone Terhadap Kemampuan Literasi Digital (Studi Pada Generasi Z Di Kecamatan Setiabudi). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (414kB)
[thumbnail of BAB I -III] Text (BAB I -III)
01 BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (244kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis hubungan komparatif antara tingkat pendidikan dan tipe penggunaan smartphone terhadap kemampuan literasi digital di kalangan Generasi Z di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Dalam konteks Indonesia, tingkat literasi digital yang relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya menjadi perhatian utama. Generasi Z, yang tumbuh dalam era digital, memerlukan literasi digital yang kuat untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif, melibatkan 151 responden dari tiga kelurahan yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui survei dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitas nya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan yang lebih tinggi berhubungan dengan literasi digital yang lebih baik. Selain itu, penggunaan smartphone untuk tujuan sosial dan pencarian informasi juga berkontribusi positif terhadap literasi digital. Temuan menarik dalam penelitian ini dimana tidak terdapat interaksi signifikan antara tingkat pendidikan dan tipe penggunaan smartphone, yang secara bersama-sama dalam mempengaruhi kemampuan literasi digital Generasi Z. Penelitian ini berkontribusi pada literatur akademik tentang literasi digital dan memberikan rekomendasi praktis bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif untuk meningkatkan literasi digital di kalangan Generasi Z.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Generasi Z, Tingkat Pendidikan, Penggunaan Smartphone Setiabudi
Subjects: Management > Human Resource Management
Education > Education (General)
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rizky Maulana Masdipura
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:11
Last Modified: 12 Sep 2024 05:11
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10767

Actions (login required)

View Item View Item