Fajril, Harvilliano (2017) Analisis Perubahan Budaya Organisasi Pada Perusahaan Pasca Akusisi (Studi Kasus PT Bank MNC Internasional Tbk mengakusisi PT ICB Bumiputera Tbk). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (882kB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu bagian penting dari komunikasi organisasi yaitu budaya organisasi. Budaya organisasi terdiri dari cara berpikir, bertindak, dan pemahaman tentang pekerjaan yang dimiliki seluruh anggotanya dan dapat mencerminkan identitas organisasi. Budaya Organisasi dapat dilihat dari beberapa dimensi yaitu norma, nilai dominan, aturan, dan iklim organisasi. Edgar H. Schein menggambarkan bahwa budaya organisasi itu terdiri dari 3 level yang dikenal dengan Schein’s Model. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Studi Kasus yang berfokus pada spesifikasi kasus dalam suatu kejadian baik itu yang mencakup individu, kelompok budaya, ataupun suatu potret kehidupan. Demi mengembangkan bisnis perusahaan yang lebih luas, MNC Group mengakusisi PT ICB Bumiputera Tbk sehingga menjadi PT Bank MNC Internasional Tbk. Dengan pergantian kepemilikan tentu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan berbeda. Selain strategi bisnis yang baru, perusahaan juga perlu memperhatikan aspek internal seperti budaya organisasi. Akusisi yang dilakukan oleh MNC Bank terhadap ICB Bumiputera ternyata tidak menimbulkan perubahan budaya yang begitu signifikan bagi para karyawan. Karyawan merasakan tidak begitu banyak yang berbeda karena beberapa faktor. Namun ada beberapa aspek yang dirasakan cukup positif seperti infrastruktur dan lingkungan sekitar yang jauh lebih baik dan strategis. Selain itu perusahaan juga lebih memperhatikan budaya perusahaan dibanding dengan perusahaan sebelum akusisi dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh perseroan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, Schein’s Model. |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Corporate Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Harvilliano Fajril |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 10:43 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 10:43 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1077 |
Actions (login required)
View Item |