STRATEGI GASTRODIPLOMASI INDONESIA TERHADAP KENYA MELALUI INDOMIE TAHUN 2009-2021

Apdipandya, Fawwaz (2024) STRATEGI GASTRODIPLOMASI INDONESIA TERHADAP KENYA MELALUI INDOMIE TAHUN 2009-2021. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00.Cover.pdf - Accepted Version

Download (638kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01.BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version

Download (421kB)
[thumbnail of BAB DAFTAR PUSTAKA] Text (BAB DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy

Abstract

Gastrodiplomasi sangat erat kaitannya dengan upaya meningkatkan branding negara melalui kuliner atau produk makanan. Dengan makanan khas dari negara dapat membentuk persepsi public terkait negara melalui cita rasa yang khas dari makanan tersebut. Dengan mencoba makanan dari suatu negara, publik internasional baik secara sadar maupun tidak sadar terpengaruh untuk mengeksplorasi bagaimana makanan tersebut dibuat, darimana makanan berasal, dan kemudian tertarik untuk mempelajari lebih jauh mengenai negara tersebut, dan pada tahapan tertentu juga berpotensi mengunjungi negara tersebut. Pada tataran konsep, gastrodiplomasi merupakan bagian dari diplomasi budaya yang juga merupakan bagian dari diplomasi publik. Diplomasi public menekankan pada soft diplomacy dalam implementasinya, yaitu upaya mempengaruhi negara lain tanpa menggunakan militer dan kekerasan. Penelitian ini berfokus pada strategi gastrodiplomasi Indonesia terhadap Kenya melalui produk Indomie pada tahun 2009-2021. Hubungan bilateral antara Indonesia-Kenya telah terjalin sejak 1979 menjadi landasan bagi kerjasama ekonomi, sosial, dan budaya, termasuk melalui diplomasi kuliner. Indomie, sebagai salah satu produk unggulan PT Indofood Sukses Makmur berhasil masuk ke pasar Kenya dan Wilayah Afrika Timur lainnya melibatkan aktor negara (Pemerintah Indonesia) dan aktor non-negara (SAWAKE Group). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-analitik dengan kerangka konsep strategi gastrodiplomasi mencakup pemasaran produk, penyelenggaraan acara, pembangunan koalisi, penggunaan key opinion leader, penggunaan media, dan strategi pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi gastrodiplomasi tersebut efektif meningkatkan popularitas Indomie di Kenya dengan dibuktikan dengan meningkatnya volume permintaan (demand) mie instan khususnya Indomie, acara yang diselenggarakan, serta respon positif dari masyarakat Kenya. Selain itu, terdapat manfaat lain, seperti menguatnya hubungan diplomatik Indonesia-Kenya dan terbukanya peluang kerjasama ekonomi baru bagi Indonesia-Kenya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gastrodiplomasi, Hubungan Bilateral, Indomie, Indonesia, Kenya, Popularitas.
Subjects: Political Science > Economic Politics
Political Science > International Relations
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Fawwaz Apdipandya
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:40
Last Modified: 13 Sep 2024 02:40
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item