Pemanfaatan Brand Community sebagai Bentuk Marketing Communication (Studi Kasus Pada Kopi Muja)

Salsabila, Nadhifa (2024) Pemanfaatan Brand Community sebagai Bentuk Marketing Communication (Studi Kasus Pada Kopi Muja). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
1.pdf - Accepted Version

Download (770kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5.pdf - Accepted Version

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
Daftar lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Kopi Muja dalam upayanya untuk menarik dan mempertahankan pelanggan di tengah maraknya coffee shop di Jakarta. Kopi Muja memanfaatkan keberadaan komunitas sebagai elemen kunci dalam menciptakan kedai yang ramai dan diminati, dengan menyediakan ruang bagi berbagai kegiatan seperti coffee session, live music, pesta ulang tahun, arisan, serta menjadi tempat alternatif bagi komunitas untuk berkumpul. Dalam penelitian ini, konsep Marketing Communication dari Batra & Keller dan Brand Community dari Muniz & O’Guin digunakan sebagai landasan teori. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis strategi Kopi Muja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopi Muja memiliki strategi komunikasi pemasaran yang adaptif dan inovatif, dengan fokus utama pada generasi Z, milenial, dan keluarga. Kopi Muja mengandalkan media sosial sebagai alat komunikasi utama untuk memperkenalkan merek dan produk mereka, serta menawarkan nilai kenyamanan, estetika, dan inklusivitas yang kuat, yang secara efektif mencerminkan pesan merek kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication, Brand Community, Coffee Shop, Kopi Muja
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nadhifa Salsabila
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:15
Last Modified: 17 Sep 2024 01:15
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item