Saputra, Raka Dimas (2025) Rancang Bangun Sistem Helpdesk Berbasis Web Pada Layanan Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Bakrie. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (424kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (901kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (206kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini, pengelolaan pertanyaan dan keluhan mahasiswa di Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Bakrie masih dilakukan secara manual melalui WhatsApp dan email, sehingga belum terdokumentasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem helpdesk berbasis web pada layanan Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Bakrie untuk mengelola pertanyaan dan keluhan mahasiswa secara terpusat dan terorganisir. Metode penelitian menggunakan model Waterfall dalam pendekatan Software Development Lifecycle (SDLC), mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari 1 use case diagram, 18 use case description, 18 activity diagram, 18 sequence diagram, dan 1 class diagram, serta implementasi menggunakan PHP dan framework Laravel. Pengujian sistem dengan menggunakan Manual Testing dan Automated Testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem helpdesk ini telah berhasil memenuhi fungsionalitas yang dirancang, seperti pembuatan tiket pertanyaan, pemberian respons oleh staf, pengelolaan FAQ, manajemen pengguna, serta penyusunan laporan pertanyaan untuk keperluan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Helpdesk, Web, Laravel, Waterfall, BAA Universitas Bakrie |
Subjects: | Computer Science Computer Science > Information Systems Computer Science > Web-Based Group Decision Support System (WGDSS) > Web-Based Computer Science > Web-Based Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Raka Dimas Saputra |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:52 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:52 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |