Saputra, Tubagus Chandra (2025) Pengembangan CRM Untuk Meningkatkan Efektivitas Divisi Sales Dengan Pendekatan Design Thinking di PT Mega Akses Persada (FiberStar). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (256kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (272kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
Abstract
Divisi sales PT Mega Akses Persada (FiberStar) saat ini masih menggunakan metode manual seperti Microsoft Excel untuk mengelola dan melaporkan sales pipeline. Proses ini menyebabkan pembaruan data yang tidak efisien, kesalahan input, dan kesulitan dalam memantau progres pipeline secara real-time. Penelitian ini bertujuan untuk merancang solusi sistem Customer Relationship Management (CRM) yang dapat meningkatkan efektivitas pelaporan sales pipeline. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Design Thinking, yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Berdasarkan wawancara dengan Account Manager, Sales Unit Head, dan Sales Department Head, ditemukan bahwa sistem manual yang ada tidak efisien dan memperlambat proses pengambilan keputusan. Data dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi masalah utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototype CRM berbasis website yang dirancang dapat meningkatkan efektivitas pelaporan pipeline secara real-time, memfasilitasi pembaruan data, dan memudahkan monitoring produktivitas tim sales. Sistem ini berhasil memperbaiki pengelolaan pipeline dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat. Kesimpulan penelitian ini yaitu sistem CRM yang dikembangkan dapat memberikan solusi yang lebih efisien bagi tim sales dalam mengelola pipeline.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CRM, Design Thinking, Sales Pipeline, Efektivitas. |
Subjects: | Marketing > Customer Relations Management (CRM) Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Tubagus Chandra Saputra |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:09 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:09 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |