Putra, Andhika Kanaka (2025) Analisis Perbandingan Kinerja Kereta Cepat Dan Kereta Api Konvensional (Studi Kasus: Stasiun Bandung). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (862kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (862kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (82kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
Abstract
Mobilitas tinggi antara Bandung dan Jakarta mendorong kebutuhan akan moda transportasi yang efisien. Kehadiran Kereta Cepat Jakarta–Bandung (KCIC) menjadi alternatif baru selain kereta api konvensional Argo Parahyangan. Penelitian ini bertujuan membandingkan kinerja kedua moda transportasi dengan meninjau faktor biaya tiket, waktu tempuh, aksesibilitas stasiun, kenyamanan, fasilitas, frekuensi keberangkatan, keamanan, dan kemudahan pemesanan tiket. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Stated Preference (SP) melalui kuesioner yang dianalisis secara statistik deskriptif, validitas, reliabilitas, dan crosstabulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kereta cepat unggul dalam waktu tempuh, kenyamanan, dan fasilitas modern, namun menghadapi kendala harga tiket yang lebih tinggi serta aksesibilitas stasiun yang terbatas. Sebaliknya, kereta konvensional lebih dipilih karena biaya terjangkau, frekuensi keberangkatan padat, dan lokasi stasiun yang lebih mudah diakses, meskipun memiliki kelemahan pada durasi perjalanan. Kesimpulannya, pemilihan moda dipengaruhi kombinasi faktor biaya, efisiensi waktu, dan integrasi transportasi. Rekomendasi penelitian ini adalah peningkatan integrasi antarmoda untuk kereta cepat serta peningkatan kenyamanan dan fasilitas pada kereta konvensional agar keduanya dapat saling melengkapi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kereta Cepat, Kereta Api Konvensional, Analisis Kinerja, Pemilihan Moda, Bandung–Jakarta |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation Engineering Civil Engineering Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | ANDHIKA KANAKA PUTRA |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:56 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:56 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |