Yolanda, Vania (2025) Analisis Positioning Brand Somethinc Berdasarkan Persepsi Konsumen (Studi Pada Konsumen Somethinc di Indonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (COVER)
00. COVER.pdf - Accepted Version Download (470kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (180kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
Abstract
Industri skincare di Indonesia berkembang dengan pesat dengan tingkat persaingan yang ketat sehingga setiap merek memerlukan stretegi positioning di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis posisi brand Somethinc terdahap pesaingnya yaitu Avoskin, Ms.Glow, Scarlett, dan Wardah, berdasarkan persepsi konsumen terhadap atribut utama yang terdapat pada skincare lokal dengan menggunakan metode multidimensional scaling untuk mengetahui konsumen dalam memilih produk pada brand skincare. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah merek, harga, kemasan, ingredients, dan daya tahan yang dinilai berdasarkan persepsi konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah individu yang pernah menggunakan skincare Somethinc, Avoskin, Ms.Glow, Scarlett dan Wardah dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 120 orang responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis multidimensional scaling untuk menghasilkan perceptual mapping. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Somethinc memiliki kedekatan dengan Avoskin dan Ms.Glow, sehingga kedua brand tersebut meurpakan kompetitor terdekat Somethinc. Atribut yang paling menojol dari Somethinc adalah Sesuai untuk Kulit (SUK) dan Informasi Tertera Mudah Dipahami (ITMD) yang menunjukan persepsi konsumen menilai atribut tersebut unggul terhadap Somethinc. Namun, atribut MYMD (Merek yang Mudah Dikenali) Somethinc perlu memperkuat identitas merek agar lebih mudah dikenali dan mampu bersaing secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Positioning, Multidimensional Scaling, Atribut, Somethinc, Persepsi Konsumen |
Subjects: | Marketing Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Vania Yolanda |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:58 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:58 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |