Indriyani, Mareata (2025) PERAN TOUR LEADER PADA AGEN TRAVEL UMROH: STUDI AUTOETNOGRAFI. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (345kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (148kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan signifikan keberangkatan umroh di Indonesia menempatkan tour leader (TL) sebagai aktor strategis yang menjembatani dimensi teknis dan spiritual perjalanan. Literatur sebelumnya lebih menekankan manajemen biro, pemasaran, dan kepuasan jamaah, sehingga menyisakan kesenjangan pada pengalaman reflektif TL sebagai mediator emosi secara spiritual serta pengelola krisis di lapangan. Penelitian ini merumuskan pertanyaan: bagaimana pengalaman hidup dan praktik kerja TL dalam mendampingi jamaah umroh? Dengan menggunakan kerangka konseptual yang mengintegrasikan tourism communication, Islamic tourism branding, peran dan fungsi dari kompetensi TL beracuan SKKNI, serta indikator mutu layanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy), dengan lensa autoetnografi. Metode kualitatif autoetnografi diterapkan melalui referensi beberapa jurnal reflektif, dokumentasi (foto, catatan, percakapan WAG), dan wawancara triangulatif dengan sesama TL serta jamaah , dimana data dianalisis secara naratif-tematik. Temuan menunjukkan TL berperan sebagai mediator pengalaman baik secara teknis, emosional dan juga spiritual dengan melakukan koordinasi antar lintas-aktor, bersinergi dengan muthowif (formasi depan–belakang), mengelola krisis (keterlambatan, imigrasi, bagasi), melakukan service recovery serta penataan ekspektasi yang adil, dan mempraktikkan hospitalitas serta kepemimpinan situasional berbasis spiritual coping. Praktik tersebut menjaga kohesi, menurunkan kecemasan, dan meningkatkan kepuasan serta kepercayaan jamaah pada seluruh fase perjalanan. Studi ini menutup kesenjangan kajian dan merekomendasikan penguatan pelatihan TL serta penyusunan SOP yang mengintegrasikan antara profesionalisme layanan dengan pembinaan spiritual. Kata Kunci: autoetnografi, tour leader, umroh, komunikasi pariwisata, Islamic tourism branding, hospitalitas.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | autoetnografi, tour leader, umroh, komunikasi pariwisata, Islamic tourism branding, hospitalitas |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mareta Indriyani |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 09:01 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 09:01 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |