Ismail, Muhamad (2025) Analisis Binary Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Industri Coffeeshop (Studi Kasus Senusa Coffee). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (COVER)
00.COVER.pdf - Accepted Version Download (300kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (76kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan industri coffee shop di Indonesia yang sangat pesat memunculkan persaingan ketat antar pelaku usaha. Keberhasilan bisnis tidak hanya ditentukan oleh kemampuan menarik pelanggan baru, tetapi juga oleh upaya mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat) terhadap loyalitas pelanggan pada Senusa Coffee Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori dengan analisis regresi logistik biner. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan teknik probability sampling (simple random sampling) sebanyak 122 responden. Instrumen diukur menggunakan skala semantik diferensial 1–7. Analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, kelayakan model, serta uji signifikansi simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel promosi yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun dengan arah negatif. Hal ini berarti intensitas promosi yang dilakukan Senusa Coffee justru menurunkan kecenderungan loyalitas pelanggan. Variabel produk, harga, dan tempat tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini memperlihatkan bahwa loyalitas konsumen lebih dipengaruhi oleh faktor non-4P, seperti kualitas pelayanan atau brand image yang tidak diteliti dalam model. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya literatur bahwa tidak semua elemen bauran pemasaran konsisten berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan coffee shop. Secara praktis, hasil penelitian memberikan masukan bagi manajemen Senusa Coffee untuk melakukan evaluasi strategi promosi dan memperkuat kualitas pengalaman konsumen.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas pelanggan, coffee shop, bauran pemasaran, regresi logistik biner, Senusa Coffee. |
Subjects: | Management Research Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Muhamad Ismail |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:03 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:03 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |