Analisis Binary Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Industri Coffeeshop (Studi Kasus Senusa Coffee)

Ismail, Muhamad (2025) Analisis Binary Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Industri Coffeeshop (Studi Kasus Senusa Coffee). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00.COVER.pdf - Accepted Version

Download (300kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (76kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan industri coffee shop di Indonesia yang sangat pesat memunculkan persaingan ketat antar pelaku usaha. Keberhasilan bisnis tidak hanya ditentukan oleh kemampuan menarik pelanggan baru, tetapi juga oleh upaya mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat) terhadap loyalitas pelanggan pada Senusa Coffee Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori dengan analisis regresi logistik biner. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan teknik probability sampling (simple random sampling) sebanyak 122 responden. Instrumen diukur menggunakan skala semantik diferensial 1–7. Analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, kelayakan model, serta uji signifikansi simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel promosi yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun dengan arah negatif. Hal ini berarti intensitas promosi yang dilakukan Senusa Coffee justru menurunkan kecenderungan loyalitas pelanggan. Variabel produk, harga, dan tempat tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini memperlihatkan bahwa loyalitas konsumen lebih dipengaruhi oleh faktor non-4P, seperti kualitas pelayanan atau brand image yang tidak diteliti dalam model. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya literatur bahwa tidak semua elemen bauran pemasaran konsisten berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan coffee shop. Secara praktis, hasil penelitian memberikan masukan bagi manajemen Senusa Coffee untuk melakukan evaluasi strategi promosi dan memperkuat kualitas pengalaman konsumen.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Loyalitas pelanggan, coffee shop, bauran pemasaran, regresi logistik biner, Senusa Coffee.
Subjects: Management Research
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Muhamad Ismail
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:03
Last Modified: 22 Sep 2025 03:03
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item