Khusnulayun, Fitri Bunga (2025) STRATEGI PESAN PADA PLATFORM INSTAGRAM @LAYAKOFFICIAL DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE INKLUSIF. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
|
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (635kB) |
|
|
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (173kB) |
|
|
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
Abstract
Masayarakat saat ini semakin sadar akan isu sosial, agar tidak tertinggal brand mengikuti pandangan tersebut dengan menerapkan inklusivitas dalam konten pemasarannya. Akan tetapi ada komunitas dalam lingkup pemasaran inklusif yang masih sering dilupakan, yaitu komunitas disabilitas. Layak Official sebagai brand pakaian hadir mengisi kekosongan ini dengan menerapkan pemasaran inklusif dalam konten di Instagram yang menampilkan model-model dengan disabilitas. Dalam konten Instagram @layakofficial saat peluncuran koleksi pakaian terbaru sering menggunakan narasi story telling yang menceritakan kehidupan komunitas disabilitas. Maka tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses pembentukan strategi pesan serta penerapan prinsip inklusivitas oleh Layak Official untuk membangun brand image melalui konten di platform Instagram. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian didapatkan melalui wawancara informan sebagai data primer, dan bahan digital berupa konten dari Instagram @layakofficial serta artikel pendukung sebagai data sekunder. Hasil penelitian menemukan bahwa Layak Official membangun brand image inklusif melalui konten di Instagram dengan menggunakan strategi pesan khususnya pendekatan afeksi yang menarik emosi audiens. Pendekatan afeksi digunakan saat campaign perilisan koleksi seperti Boundless Love dan Inclusive yang berbentuk narrative branding berupa wawancara para model disabilitas untuk menunjukkan keseharian mereka. Akan tetapi jika narasi sangat terhubung dengan isu sosial akan menjadi fokus utama mengalahkan produknya, maka dari itu dalam melakukan pemasaran pentingnya juga menggunakan pendekatan kognitif dan konatid agar pesan inklusif seimbang dengan pesan komersial.
| Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi pesan, pemasaran inklusif, brand image inklusif, narrative branding. |
| Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Fitri Bunga Khusnulayun |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 08:31 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 08:31 |
| URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

