Safitri, Mulya (2018) PERSEPSI GURU SDN MENTENG ATAS 11 TENTANG INFORMASI INFOGRAFIS STATIS. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00 COVER.pdf - Submitted Version Download (811kB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (860kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (318kB) | Preview |
Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
Abstract
Isu mengenai kebijakan “Lima Hari Sekolah” di lingkungan masyarakat dan guru telah mengundang polemik waktu, karena persepsi yang terbentuk adalah anggapan delapan jam belajar, serta peserta didik dan pendidik yang harus ada di lingkungan sekolah hingga pukul 15.00 sore. Adanya polemik ini, maka melalui humas dari pihak Kemendikbud melakukan keterbukaan informasi melalui Infografis statis sebagai media penyampaian informasi mengenai program PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), yang implementasinya dengan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler untuk membentuk karakter peserta didik. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui elemen Infografis statis, untuk mengetahui persepsi yang terbentuk oleh guru SDN Menteng Atas 11 terhadap informasi Infografis statis. Dalam hal ini persepsi memiliki beberapa kategori yakni pengalaman, motif, sikap dan kepribadian. Infografis statis terdapat beberapa elemen yaitu judul, tata letak, icon dan simbol, ilustrasi dan gambar, warna serta tipografi. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keberagaman pembentukan persepsi dari guru SDN Menteng Atas 11 terhadap pengemasan pesan Infografis statis yang diterima. Keberagaman ini dipengaruhi oleh faktor perbedaan pengalaman, motif, sikap, dan kepribadian yang dimilikinya. Terkait dengan elemen Infografis statis, maka tata letak informasi dalam Infografis statis kurang jelas seperti pada penempatan informasi yang kurang penjelasannya, pemisah antar blok dengan sub-topik sedikit kurang besar pada bagian fokus gerakan PPK dan margin masih sedikit rapat. Ilustrasi dan gambar bagian religius kurang mencerminkan konten. Paduan warna kurang konsisten dan warna yang kurang terang. Tipografi seperti font size ada beberapa yang sedikit kecil, jarak antar huruf dan baris masih kurang besar.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Infografis statis, persepsi, kebijakan “Lima Hari Sekolah” |
Subjects: | Communication Science > Corporate Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mulya Safitri |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 10:05 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 10:05 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1598 |
Actions (login required)
View Item |