Implementasi Hybrid Application Dalam Mendukung Sistem Informasi SportMan Berbasis Platform As A Service

Chen, Jimmy (2018) Implementasi Hybrid Application Dalam Mendukung Sistem Informasi SportMan Berbasis Platform As A Service. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam setiap pertandingan atau perlombaan olahraga, baik yang berskala besar maupun kecil memerlukan pengelolaan yang sebaik-baiknya agar bisa berjalan dengan lancar dan tertib. Penyelenggaraan sebuah pertandingan atau perlombaan olahraga melibatkan sejumlah faktor yang cukup rumit mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, serta pelaporan. Sistem pengelolaan pertandingan di beberapa organisasi masih menggunakan file-based system seperti Excel dan Word dalam melakukan pendaftaran tim dan penjadwalan serta pencatatan hasil pertandingan. File-based system memiliki beberapa kekurangan yaitu: data yang terpisah-pisah, duplikasi data, dan ketergantungan data. Hal ini menyebabkan pengaksesan data menjadi sulit, memakan waktu, biaya, dan ruang penyimpanan, serta merepotkan. Selain itu, publikasi hasil/skor dari suatu pertandingan pada beberapa organisasi masih kurang efektif dan efisien, misalnya hasil/skor tidak up-to-date dan informasi hasil dari suatu pertandingan kurang detail. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dilakukan proses perancangan dan pengembangan aplikasi SportMan (Sport Competition Management), aplikasi berbasis hybrid yang memberikan layanan untuk mempermudah pengelolaan kompetisi olahraga mulai dari proses pembuatan kompetisi, pendaftaran tim, penjadwalan pertandingan, pencatatan hasil dan statistik pertandingan, dan publikasi yang meliputi publikasi mengenai pengadaan kompetisi tersebut serta publikasi jadwal dan hasil pertandingan secara live. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan hybrid application dan didukung dengan Platform as a Service serta dengan menggunakan metode pengembangan Web Development Life Cycle (WDLC). Hybrid application merupakan aplikasi yang dapat digunakan pada semua perangkat, terlepas dari jenis platform atau perangkat sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya pengembangan, serta meminimalkan proses coding. Platform as a Service merupakan salah satu layanan cloud yang menyediakan platform untuk pengembangan aplikasi. PaaS dapat meringankan developer dari beban pengelolaan siklus hidup aplikasi yang kompleks serta infrastruktur fisik yang mendasarinya, mengurangi biaya dan meningkatkan proses deployment aplikasi. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa perancangan dan pengembangan sistem informasi SportMan menggunakan Ionic Framework dan Platform as a Service sesuai dengan metode WDLC.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Hybrid Application, Ionic Framework, Cloud, Platform as a Service, Permasalahan Kompetisi Olahraga, SportMan, WDLC
Subjects: Computer Science > Android Software Development
Computer Science > Computer - Software
Computer Science > Database design
Computer Science > Mobile Computing
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Informatika
Depositing User: Jimmy
Date Deposited: 31 Aug 2018 06:53
Last Modified: 31 Aug 2018 06:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item