STRATEGI MEDIA RELATIONS ZALORA INDONESIA DALAM MEMELIHARA CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Hari Belanja Online Nasional 2017)

Magista, Rifka (2018) STRATEGI MEDIA RELATIONS ZALORA INDONESIA DALAM MEMELIHARA CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Hari Belanja Online Nasional 2017). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB 1-3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas strategi media relations yang dilakukan oleh Zalora Indonesia dalam memelihara citra perusahaan Zalora Indonesia serta bentuk kegiatan media relations yang dijalankan dalam memelihara citra perusahaan Zalora Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian adalah hasil wawancara dengan praktisi public relations Zalora Indonesia mengenai strategi media relations Zalora Indonesia dalam membentuk citra perusahaan, produk, dan mekanisme berkaitan dengan perencanaan hingga evaluasi strategi tersebut. Data yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara dengan divisi public relations dan marketing Zalora Indonesia dan data sekunder berupa studi literatur untuk memperkuat argumen penulis. Teknik pengumpuan data yang dilaukan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi media relations yang dilakukan oleh Zalora Indonesia dalam memelihara citra perusahaan adalah dengan memberikan tampilan berita mengenai Zalora berupa reputasi yang baik atau positif dengan menggunakan media sosial dan komunitas secara offline. Hal tersebut ditunjukkan dari publisitas yang baik di media online dengan melakukan strategi yaitu melayani media, membangun reputasi untuk keandalan, menyediakan salinan yang baik, dan kerjasama dalam menyediakan bahan, serta menyediakan fasilitas. Adapun bentuk-bentuk kegiatan media relations yang dilakukan dalam memelihara citra perusahaan Zalora Indonesia adalah press release (siaran pers), press conference (keterangan pers), dan press Luncheon. Saran yang dapat diajukan untuk para mahasiswa maupun pembaca mengenai strategi media relations adalah agar dapat melihat fenomena ecommerce yang terjadi secara lebih nyata dengan adanya keterkaitan secara lebih mendalam dengan narasumber, menggali faktor apa saja yang digunakan dalam strategi media relations, secara lebih riil dan seperti apa strategi media relations yang digunakan tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: strategi media relation, public relation, citra perusahaan.
Subjects: Communication Science > Corporate Communication
Communication Science > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifka Magista
Date Deposited: 31 Aug 2018 08:09
Last Modified: 31 Aug 2018 08:09
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item