ANALISIS WAKTU PENANGANAN GANGGUAN DI PT. IFORTE GLOBAL INTERNET

Wiguna, Septian Chandra (2019) ANALISIS WAKTU PENANGANAN GANGGUAN DI PT. IFORTE GLOBAL INTERNET. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu penanganan gangguan di PT Iforte Global Internet. Permasalahan awal ialah banyaknya kejadian downtime yang terjadi khusunya pada Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Barat. Tingginya kejadian downtime yang terjadi pada kedua wilayah tersebut berdampak pada rendahnya persentase service availability. Service availability yang rendah berdampak signifkan pada performansi kedua wilayah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kendala yang terjadi pada proses penanganan gangguan yang dilakukan. Selain itu untuk mencari akar masalah pada tingginya tingkat durasi downtime. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dimana pengumpulan dan analisis data melalui data primer yang diperoleh dari observasi lapangan. Kemudian diolah menggunakan analisis kualitatif dengan metode Fishbone Diagram dan juga diolah menggunakan analisis kuantitatif dengan metode Service Availability, Pusat Gravitasi, dan Moving Average. Hasil penelitian yang diperoleh adalah service availabily rata-rata setiap site mayoritas masih dibawah 99,5% dan durasi penanganan gangguan masih diatas 5 atau 6 hari dari target yang diberikan BAKTI, sehingga diperlukan improvement perbaikan, rekomendasi yang diberikan dari hasil perhitungan Pusat Gravitasi adalah pembuatan homebase di Kota Ende untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat dan di Tua Pejat Harbour untuk Provinsi Sumatera Barat, serta hasil perhitungan moving average diperlukan stock sparepart dan man power pada setiap homebase berbeda sesuai history data kejadian downtime, sehingga durasi penanganan gangguan bisa ditingkatkan menjadi 3 hari dari setiap kejadian, dan berdampak pada service availability yang meningkat, tetapi masih belum bisa melebihi dari 99,5%.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Downtime, service availability, penanganan gangguan, service level agreement, sparepart, man power management
Subjects: Computer Science > Computer Networking
Management > Disaster Management
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Septian Chandra Wiguna
Date Deposited: 24 Jul 2019 09:20
Last Modified: 24 Jul 2019 09:20
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item