Sriharyani, Yuni (2016) PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DOWNWARD DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN (Studi Kasus pada Karyawan Akademik Universitas XY). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (PDF)
00.Cover.pdf - Submitted Version Download (855kB) | Preview |
Text (PDF)
01.Bab I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
Text (PDF)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PDF)
03.BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Text (PDF)
04.BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (PDF)
05.Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (283kB) |
Abstract
Komunikasi vertikal downward (dari atas ke bawah) adalah salah satu pola komunikasi organisasi yang berkaitan dengan peran atasan sebagai pemimpin dalam organisasi untuk memberikan sumber daya berupa informasi, instruksi pekerjaan, serta membangun kepercayaan bawahan. Komunikasi downward ini dapat berperan dalam meningkatkan loyalitas karyawan jika dilakukan dengan efektif dan berkualitas. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran komunikasi organisasi downward Universitas XY dalam meningkatkan loyalitas karyawan akademik yang merupakan penyelenggara utama organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus dengan subjek penelitian dari Dekan, Kaprodi, Dosen, dan HRD Bidang Kedosenan yang dipilih dengan metode snowball. Pengumpulan data dilakukan melalui in-depth interview dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas sudah ada pada karyawan akademik Universitas XY dengan tingkat yang berbeda pada masing-masing individu, oleh sebab itu faktor personal adalah faktor utama yang melatarbelakangi loyalitas karyawan akademik di Universitas XY. Hal yang berikutnya adalah kaitan antara komunikasi organisasi downward, bahwa komunikasi organisasi downward yang intensitas pelaksanaannya beragam berperan pada beberapa aspek loyalitas, sedangkan pada aspek loyalitas lain dirasakan tidak terlalu berperan karena beberapa faktor yang menghambat keefektifan komunikasi tersebut.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi organisasi downward, loyalitas karyawan |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Corporate Communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yuni Sriharyani |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 12:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 12:00 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/289 |
Actions (login required)
View Item |