Nurlitasari, Anggita (2019) ANALISIS MAKNA KEINTIMAN MELALUI PENETRASI SOSIAL DALAM MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Pada Pasangan yang Bertemu di #BiroJomblo). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (803kB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (917kB) |
|
Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (156kB) | Preview |
Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (869kB) |
Abstract
Kemudahan dalam mengakses internet dan menyebarluaskan informasi membuat siapa pun bisa melakukan aktivitas secara online bahkan pada fenomena pencarian jodoh. Hal tersebut identik dengan anak muda tidak bisa dipisahkan dengan media sosial seperti Twitter yang kini merambah dalam hal pencarian jodoh menggunakan hashtag, seperti pada #BiroJomblo yang dibuat dan diadakan @shitlicious setiap sabtu malam. Jika sebelumnya proses pencarian pasangan dilakukan dengan bertatap muka dan melalui tahap yang panjang, sekarang hal tersebut nyatanya dipangkas dengan media dan internet yang dinilai mudah namun penggunanya tidak banyak mengetahui lawan jenis secara detail pada saat proses berkenalan tersebut, hal inilah yang biasanya disebut dengan blind date. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Penetrasi Sosial, dengan metodologi penelitian Kualitatif dan Pendekatan Studi kasus yang meneliti fenomena kontemporer secara utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi yang dibagikan pertama akan membentuk kesan yang nantinya akan mempengaruhi interaksi dan tahapan dalam penetrasi sosial yang juga memunculkan teori interaksionisme simbolik yang terjadi pada tahapan penetrasi ketiga dan keempat. Makna keintiman yang terjadi pada ketiga informan memiliki tahapan waktu yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keintiman, Penetrasi Sosial, Biro Jomblo, Twitter |
Subjects: | Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Mass Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Anggita Nurlitasari |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:49 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:49 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2938 |
Actions (login required)
View Item |