Analisis Pelayanan BPJS Kesehatan di Jakarta (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo)

Tampubolon, Dina Ria Mora (2020) Analisis Pelayanan BPJS Kesehatan di Jakarta (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo. Data yang digunakan adalah data yang dari hasil penelitian lapangan dan proses wawancara mendalam dengan informan-informan yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep dan teori dari kebijakan publik dan pelayanan publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan teknik wawancara mendalam, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian berdasarkan hasil observasi, proses wawancara berbagai narasumber, dan studi dokumentasi seputar pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Pasar Rebo, dapat dinyatakan bahwa pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Pasar Rebo sudah berjalan cukup baik walaupun masih ditemukan beberapa permasalahan yang perlu segera diperbaiki dan dilakukan peningkatan pelayanan terkhusus pada etika bekerja para pekerja medis dan non medis. Dalam penelitian ini juga ditemukan faktor pendukung dan penghambat pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Pasar Rebo. Faktor pendukung diantaranya adalah sikap tenaga medis yang profesional dan birokrasi pelayanan yang efektif. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah terbatasnya jumlah tenaga medis, ruang perawatan kelas III, dan obat-obatan untuk pasien peserta BPJS Kesehatan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Public Policy, BPJS Kesehatan, Inovation, Health Insurance Pelayanan Publik, BPJS Kesehatan, Inovasi, Jaminan Kesehatan
Subjects: Customer Behavior
Customer Satisfaction
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Dina Ria Mora Tampubolon
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:32
Last Modified: 24 Aug 2020 06:32
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item