IDENTIFIKASI FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS PADA USAHA MIKRO PEMASOK PT. ECODOE WIDYA CANDIA INTERNATIONAL

Risky, Nur M (2020) IDENTIFIKASI FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS PADA USAHA MIKRO PEMASOK PT. ECODOE WIDYA CANDIA INTERNATIONAL. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (839kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam penerapan sistem manajemen kualitas (SMK) di usaha kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Kerangka teori penelitian mengadopsi kerangka dari Reyes dkk (2015) yang menjelaskan 6 faktor penentu keberhasilan penerapan SMK. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel kasus proses pelaksanaan operasional produksi di PT Ecodoe Widya Candia International kepada UMKM pemasoknya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan mewawancarai 6 informan yang terkait dalam proses operasional produksi, yakni: bagian penerima order dan koordinator produksi dari PT Ecodoe serta pimpinan UMKM penerima pesanan dari Ecodoe dan karyawan yang menghasilkan produknya. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa faktor penghambat di UMKM yang diteliti adalah: (1) kurangnya pengetahuan, (2) belum melakukan pelatihan (3) tidak menggunakan alat bantu sehingga sumber daya manusia yang baru kesulitan beradaptasi. Hal ini memengaruhi kepuasan pelanggan dalam hal (1) spesifikasi produk, (2) perilaku karyawan (3) tenggat waktu pengerjaan.Karena keterbatasan penelitian, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan: (a) mewawancarai seluruh UMKM binaan Ecodoe, (b) memberi modul dasar tentang penerapan sistem manajemen kualitas ke seluruh UMKM binaan Ecodoe. Kata Kunci: Sistem Manajemen Kualitas, PT. Ecodoe Widya, UMKM,

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Sistem Manajemen Kualitas, PT. Ecodoe Widya, UMKM,
Subjects: Management > Business Process Management
Management > Mangement Quality Control
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nur M. Risky
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:49
Last Modified: 02 Sep 2020 05:49
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item View Item