Putri, Natasya Annisa (2020) Analisis Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Event Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi Kasus Mall Grand Indonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (298kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (867kB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (196kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penerapan strategi Marketing Communication melalui event Midnight Sale di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta yaitu Mall Grand Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk mendapatkan data primer digunakan metode wawancara terstruktur. Peneliti mewawancarai salah satu pihak manajemen mall Grand Indonesia, satu orang perwakilan dari tenant, dua orang pelanggan, dan satu triangulator untuk menguji keabsahan data. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa Mall Grand Indonesia melakukan kegiatan komunikasi pemasaran melalui event Midnight Sale yang diselenggarakan tiga sampai empat kali dalam setahun. Mall Grand Indonesia menerapkan lima tahapan event management menurut Goldblatt yaitu research, design, planning, coordinating, evaluation. Hal yang menarik adalah pada tahap riset, dimana mereka melakukan benchmark pada mall di Asia, dan mereka memiliki people counting system yang belum dimiliki oleh mall lain di Jakarta. Mereka juga berkoordinasi dengan sangat kooperatif sehingga event berjalan sesuai dengan rencana. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa event Midnight Sale merupakan event yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan juga meningkatkan omzet. Angka tertinggi ditunjukkan pada event Midnight Sale yang diadakan pada bulan Desember. Event ini menarik karena dapat meningkatkan urgensitas orang untuk berbelanja.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi pemasaran, efektifitas, event, event management, jumlah pengunjung |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Natasya Annisa Putri |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 07:25 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 07:25 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4205 |
Actions (login required)
View Item |