Aulia, Nur Ulfa (2020) ANALISIS KEBIJAKAN LUAR NEGERI TERHADAP EKSPOR PRODUK HALAL (STUDI KASUS STRATEGI EKSPOR PRODUK HALAL INDONESIA DENGAN MALAYSIA KE UNI EMIRAT ARAB). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Submitted Version Download (456kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (264kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05.Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Indonesia mengahadapi tantangan yang cukup besar terhadap ekspor produk halal di Uni Emirate Arab (UEA). Tantangan tersebut merupakan sebuah kompetisi besar yang melibatkan berbagai unsur dalam suatu negara termasuk beberapa kementerian terkait seperti kementerian luar negeri, kementerian agama, dan kementerian perdagangan, serta institusi semi pemerintahan seperti MUI. Berbagai instansi tersebut harusnya bersinergi dengan optimal dalam upaya peningkatan kualitas eskpor produk halal ke UEA. Namun pada faktanya, hasil ekspor produk halal Indonesia masih kalah bersaing dengan negara-negara lain seperti Malaysia yang berhasil menduduki peringkat diatas Indonesia dalam ekspor produk halalnya. Selain itu, peningkatan daya ekspor produk halal Malaysia cukup signifikan dibandingkan dengan Indonesia. Problematika tersebut seolah tidak sebanding dengan keadaan Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Seharusnya, dengan keadaan tersebut Indonesia mampu menjadi produsen terhadap produk halal di dunia mengingat sumber daya alam, bahan baku, dan potensi sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia sangat berlimpah. Fenomena kekalahan ekspor produk halal Indonesia terhadap Malaysia di UEA merupakan sebuah tantangan dan tugas besar yang harus segera diselesaikan, terlebih ekspor produk halal merupakan salah satu titik potensial dalam upaya peningkatan perekonomian nasional. Skripsi ini hadir guna meneliti lebih lanjut terkait permasalahan tersebut dan mencari alternatif penyelesaianya agar dapat dijadikan sebagai salah satu bahan evaluasi dan rujukan terkait penyelesaian terhadap fenomena diatas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi kekalahan Indonesia terhadap Malaysia dalam ekspor produk halalnya di UEA selain faktor institusional dan pemerintahan, juga terdapat faktor lain seperti eksistensi, kualitas barang, regulasi, harga saing, dll. Berdasarkan penelitian lebih lanjut dan didukung dengan data yang valid, penulis berkesimpulan bahwa jika Indonesia mampu membenahi beberapa struktur birokrasi dan permasalahan sebagaimana disajikan dalam skripsi ini, serta memperkuat diplomasi perdaganganya dengan lebih baik, maka hal tersebut mampu mendongkrak daya ekspor produk halal Indonesia di UEA dan bersaing dengan negara lain termasuk Malaysia. Kata Kunci: Ekspor, Produk Halal, Diplomasi, Perdagangan Internasional, Persaingan Indonesia dan Malaysia, Ekspor ke Uni Emirate Arab (UEA).
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekspor, Produk Halal, Diplomasi, Perdagangan Internasional, Persaingan Indonesia dan Malaysia, Ekspor ke Uni Emirate Arab (UEA). |
Subjects: | Political Science > Economic Politics Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Nur Ulfa Aulia |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 16:22 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:10 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4285 |
Actions (login required)
View Item |