MOTIVASI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PANGAN ORGANIK MELALUI ONLINE MARKETPLACE

Yanti, Rina (2021) MOTIVASI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PANGAN ORGANIK MELALUI ONLINE MARKETPLACE. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 01. BAB I - III] Text (01. BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB V] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 05. LAMPIRAN] Text (05. LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy

Abstract

Pangan organik mengandalkan kepercayaan konsumen sebagai pendorong proses pembeliannya dan umumnya dibeli secara langsung (offline) oleh konsumen untuk memastikan jaminan organiknya. Meningkatnya pembelian produk pertanian serta pangan organik secara online, menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk organik yang dijual di e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pendorong pembelian pangan organik secara online, jenis pangan organik apa saja yang dibeli, dan hubungan antara motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian secara online. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional study dengan teknik sampling metode purposive dan diolah menggunakan SPSS dengan analisis General Linear Model. Hasil penelitian dari 102 responden menunjukkan bahwa motivasi kemudahan, praktis, dan efisiensi waktu (convenience) sebagai motivasi terbesar konsumen (85.30%), sedangkan untuk kesenangan saja (pleasure), sebagai motivasi konsumen yang paling kecil (1.0%) dalam pembelian secara online. Jenis pangan organik segar dan olahan yang paling banyak dibeli berturut-turut adalah sayuran dan produk olahan biji/kacang-kacangan. Selain itu, faktor- faktor pendorong pembelian pangan organik secara online meliputi varian produk yang beragam, kemasan produk organik yang menarik, label organik yang terjamin, nilai gizi produk organik, tersedianya potongan harga, efisiensi waktu dalam pembelian, toko online yang mudah ditemukan, dan adanya iklan promosi. Harga yang terjangkau bukan faktor pendorong bagi konsumen untuk melakukan pembelian pangan organik secara online.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pangan Organik, E-commerce, Kepercayaan Konsumen, Motivasi Konsumen, Keputusan Pembelian
Subjects: Food Science and Technology
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Rina Yanti Siagian
Date Deposited: 02 Feb 2022 08:07
Last Modified: 02 Feb 2022 08:07
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5660

Actions (login required)

View Item View Item