Faza, Aulia Luthfi (2017) MOTIF WANITA PENGGUNA APLIKASI TINDER SEBAGAI JEJARING SOSIAL PENCARIAN JODOH. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00.Cover.pdf - Submitted Version Download (348kB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text (pdf)
02.BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Text (pdf)
03.BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Text (pdf)
04.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text (pdf)
05.lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (289kB) |
Abstract
Teknologi memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan menemukan informasi bagi penggunanya. Salah satu aplikasi jejaring sosial yang sering digunakan untuk mencari pasangan adalah Tinder. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mempertemukan para penggunanya yang memiliki kesamaan kriteria dalam menemukan jodoh. Pengguna dapat memilih lawan jenis yang sesuai dengan kriterianya dan dapat berkomunikasi pada ruang obrolan apabila menekan tombol “like”. Penelitian ini berfokus pada motif wanita penggunaan Tinder dengan menggunakan teori uses and gratification dan motif dari Dennis McQuail. Penelitian ini tidak meneliti psikologis penggunanya, sehingga tidak memfokuskan penelitian ini di luar motif wanita pengguna jejaring sosial Tinder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fenomenologi, teknik pengumpulan data melalui indepth interview. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tiga dari empat informan tersebut menggunakan Tinder sebagai kesenangan, dan sisanya menggunakan Tinder sebagai sarana menghabiskan waktu. Motif dua wanita informan menggunkan Tinder adalah untuk hiburan, sedangkan dua infororman wanita lainnya menggunakan Tinder dengan motif identitas pribadi dan motif hiburan. Sesuai dengan pandangan fenomenologi, informan mengunakan media sosial Tinder ternyata bukan sesuai dengan peruntukkannya. Bahwa informan menggunakan aplikasi tersebut umumnya sebagai hiburan. Kata Kunci : Tinder, Motif Wanita, Teori Uses and Gratification, Fenomenologi
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tinder, Motif Wanita, Teori Uses and Gratification, Fenomenologi |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Mass Media Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | LUTHFI AULIA FAZA |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 06:10 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 06:10 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/625 |
Actions (login required)
View Item |