Rahmah, Khadijah Nabila Ar (2022) REPRESENTASI PERILAKU AMANAH PADA IKLAN GOJEK “PARA PENJAGA AMANAH” DI YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA SOSIAL). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (403kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (834kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (34kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (100kB) |
Abstract
Dengan berkembangnya teknologi, menimbulkan adanya fenomena transportasi online sedang terjadi di kota-kota besar pada beberapa tahun terakhir ini. Dibalik fenomena tersebut, terdapat isu-isu sosial atau informasi negatif yang sedang terjadi dan mengakibatkan masyarakat timbulnya rasa kurang percaya terhadap transportasi online tersebut. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana representasi perilaku amanah yang divisualisasikan melalui sebuah iklan. Tujuan utama iklan adalah untuk memengaruhi masyarakat mengenai suatu produk atau jasa, sehingga dapat mendorong terjadinya perubahan perilaku pada konsumen sesuai dengan yang diharapkan oleh produsen. Semiotika sosial merupakan suatu ilmu yang mempelajari suatu objek peristiwa kebudayaan dan lainnya di tengah masyarakat sebagai suatu tanda yang memiliki arti tertentu. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode analisis teks dengan analisis semiotika sosial Theo Van Leeuwen yang terbagi menjadi empat dimensi yaitu Discourse, Genre, Style, dan Modality. Hasil penelitian ini adalah adanya isu-isu sosial dan pesan-pesan yang tersembunyi dan dituangkan pada adegan iklan yang terinspirasi dari kisah nyata. Selain itu, masyarakat Indonesia yang beragama menyebabkan merek-merek menggunakan unsur agamis pada iklan dengan maksud untuk memengaruhi konsumen atau penggunanya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Perilaku Amanah, Semiotika Sosial, Isu-isu Sosial, Transportasi Online |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Semiotics and Consumer Culture Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Khadijah Nabila Ar Rahmah |
Date Deposited: | 20 Aug 2022 11:21 |
Last Modified: | 20 Aug 2022 11:21 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6571 |
Actions (login required)
View Item |