Analisis Penerapan Job Crafting (Studi Kasus pada Karyawan Divisi Marketing PT United Tractors Tbk)

Septiani, Dara Azizah Putri (2017) Analisis Penerapan Job Crafting (Studi Kasus pada Karyawan Divisi Marketing PT United Tractors Tbk). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan job crafting yang dilakukan karyawan Divisi Marketing PT United Tractors Tbk (UT). Penerapan tersebut ditinjau dari motivasi job crafting, bentuk job crafting (task crafting, relational crafting, cognitive crafting), manfaat job crafting, serta efek negatif job crafting. Teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur dan studi kepustakaan. Untuk wawancara semi terstruktur, pada penelitian ini enam informan dan satu triangulator diwawancarai. Teknik analisis data model interaksi yang dikemukakan oleh Miles & Huberman digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik analisis data kualitatif manual. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa job crafting telah diterapkan oleh karyawan Divisi Marketing UT. Ditemukan bahwa sebagian besar karyawan mengaku termotivasi melakukan job crafting untuk menambah ilmu. Kemudian, ditemukan bahwa sebagian besar karyawan melakukan task crafting dengan melakukan pendekatan/ cara baru. Selanjutnya, sebagian besar karyawan menyatakan bahwa mereka pernah terlibat dalam acara sosial (relational crafting). Diketahui juga bahwa contoh cognitive crafting yang paling sering dikemukakan karyawan yaitu pandangan karyawan bahwa pekerjaannya berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan. Salah satu manfaat job crafting yang dirasakan karyawan yaitu tercapainya target pekerjaan. Selain itu, pada penelitian ini juga ditemukan efek negatif job crafting. Salah satu contohnya yaitu bahwa job crafting dapat membuat karyawan merasa lebih lelah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Job Crafting, Motivasi Job Crafting, Bentuk Job Crafting, Manfaat Job Crafting, Efek Negatif Job Crafting
Subjects: Management Research > Firm Characteristics
Social Sciences
Social Sciences > Industries. Land use. Labor > Management. Industrial Management
Knowledge Management
Management > Personnel Management
Management Research
Management
Knowledge Management > knowledge management frameworks
Knowledge Management > Organizational Needs
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dara Azizah Putri S.
Date Deposited: 02 May 2017 06:23
Last Modified: 02 May 2017 06:23
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item