Syaqila, Uvi (2023) Diplomasi Publik Korea Selatan terhadap Indonesia oleh Korea Tourism Organization Melalui Instagram Tahun 2018-2019. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (315kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (787kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (239kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas terkait upaya-upaya diplomasi publik apa yang dilakukan Korea Selatan yang dilihat dari keberadaan Korean Tourism Organization di Indonesia sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah Korea Selatan. Membangun interaksi hubungan antar negara tidak lagi berfokus pada diplomasi diplomasi model lama yang akan mengeluarkan dana yang banyak dan memakan banyak waktu sehingga adanya diplomasi multi-jalur sebagai perluasan dari diplomasi jalur pertama. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini “Bagaimana upaya diplomasi publik pemerintah Korea Selatan terhadap Indonesia melalui media sosial instagram Korean Tourism Organization Indonesia?”. Penelitian ini menggunakan konsep diplomasi publik dan diplomasi multi-jalur, dimana aktor non-negara terlibat dalam kegiatan diplomasi seperti organisasi Korea Tourism Organization Indonesia, public figure, warga negara Indonesia, yang mempromosikan kebudayaan dan tempat wisata kepada masyarakat lainnya guna membangun citra Korea Selatan. Dalam kegiatan tersebut tidak terlepas dari fungsi media sosial instagram sebagai alat diplomasi publik yang berperan sebagai perantara sehingga membuat penyebaran informasi dan budaya antar masyarakat lebih cepat. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, diplomasi multi-jalur adalah bentuk diplomasi yang efektif dalam menjangkau publik yang lebih luas, terlihat bahwa aktor non-negara berperan penting dalam membangun citra negara terutama dalam mengenalkan pariwisata dan kebudayaan Korea Selatan. Selain itu, peran media sosial instagram berfungsi dengan baik karena aktor-aktor non negara lebih mudah menyebarkan informasi dan melakukan kegiatan promosinya kepada masyarakat Indonesia.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diplomasi Publik, Korea Tourism Organization, Diplomasi Multi-Jalur, Instagram. |
Subjects: | Political Science > International Relations Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Mahasiswa Universitas Bakrie |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:19 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 03:19 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7140 |
Actions (login required)
View Item |