Adriana, Meisya (2023) Strategi Diplomasi Komersial dalam Perdagangan Crude Palm Oil Indonesia Terhadap India Pada Tahun 2014-2019. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (311kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (291kB) | Preview |
Abstract
Minyak sawit mentah, atau CPO, merupakan salah satu produk perkebunan unggulan Indonesia dan diperdagangkan secara luas di seluruh dunia. Sebagai sumber ekspor nonmigas, CPO dapat mendongkrak devisa negara produsen secara signifikan. Malaysia adalah produsen CPO terbesar kedua di dunia, setelah Indonesia. CPO merupakan salah satu komoditas utama di negara tujuan ekspor, menurut informasi dari Kementerian Perdagangan RI. Melihat fakta tersebut, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk meningkatkan pangsa pasar CPO secara global. Studi ini bertujuan untuk lebih memahami strategi diplomasi komersial Indonesia dalam perdagangan CPO dengan India pada tahun 2014–2019. Mencari tahu bagaimana Indonesia mempromosikan CPO di dunia merupakan salah satu tujuan penelitian ini. Karena mengeksplorasi strategi diplomasi komersial Indonesia dalam mempromosikan CPO, studi ini akan mengambil pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif. Saya akan menggunakan konsep FAR (Facilitation, Advisory, Representation) untuk mendefinisikan strategi diplomasi komersial Indonesia. Melalui sosialisasi CPO, pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Perdagangan RI akan menjadi fokus penjelasan atas tindakan tersebut (Kemendag). Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) dan Atase Perdagangan yang merupakan beberapa perwakilan perdagangan luar negeri yang dipekerjakan oleh Kementerian Perdagangan untuk mempromosikan CPO. Meningkatkan jumlah pasar global untuk ekspor CPO Indonesia merupakan tujuan inisiatif diplomasi komersial Kementerian Perdagangan. Kata kunci: Diplomasi komersial, Kementerian Perdagangan RI., dan Perdagangan CPO.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diplomasi komersial, Kementerian Perdagangan RI, dan Perdagangan CPO. |
Subjects: | Political Science > Economic Politics Political Science > Governance Relation Political Science > International Relations Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Meisya Adriana |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 08:54 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 08:54 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7608 |
Actions (login required)
View Item |