Agustini, Prima Mulyasari (2012) Resolusi Konflik Pada Kegiatan Corporate Social Responsibility Di Perusahaan Tambang. Suatu Tinjauan dari Perspektif Komunikasi. In: Komunikasi Dan Konflik Di Indonesia. Showcase Dotcom, Jakarta, pp. 231-245. ISBN 978-602-18684-0-9
Preview |
Text (pdf)
KOMUNIKASI DAN KONFLIK DI INDONESIA_compressed.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kehadiran perusahaan harus memberikan manfaat pada stakeholders. Perusahaan diwajibkan melakukan kegiatan corporate sosial responsibility (CSR), sebagai bentuk kepedulian sosial pada masyarakat sekitar, yang salah satu tujuannya untuk melakukan proses transformasi sosial ekonomi dari kondisi ketergantungan menjadi masyarakat mandiri dan siap berkompetisi di dunia usaha. Beberapa perusahaan menerapkan dual diamond method dalam pelaksanaan CSR untuk mencapai masyarakat yang mandiri. Transformasi sosial, budaya, dan ekonomi melibatkan proses perubahan struktur, sistem sosial, sistem budaya, dan sistem ekonomi masyarakat. Proses itu menimbulkan beragam konflik yang berdampak pada aktivitas perusahaan dan perkembangan masyarakat. Komunikasi yang dilakukan perusahaan pada stakeholders memiliki peran penting, mengingat keberadaan perusahaan pada posisi sebagai inisiator, fasilitator, dan katalisator kolaborasi peningkatan mutu hidup dengan stakeholder lainnya. Komunikasi dalam resolusi konflik sangatlah diperlukan, agar tujuan kegiatan CSR memberikan manfaat optimum bagi stakeholders dan perusahaan.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, konflik, corporate social responsibility |
Subjects: | Communication Science > Political Communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 08:54 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 01:14 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7671 |
Actions (login required)
View Item |