STUDI RESEPSI VIEWERS TERHADAP KONTEN IAN HUGEN SEBAGAI CONTENT CREATOR TRANSGENDER DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Wulandari, Rinanti Hasari (2023) STUDI RESEPSI VIEWERS TERHADAP KONTEN IAN HUGEN SEBAGAI CONTENT CREATOR TRANSGENDER DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

Berangkat dari fenomena content creator yang sedang marak di media sosial khususnya Tiktok dalam membangun personal branding nya. Peneliti menemukan ada salah satu content creator yang unik dalam membangun akun Tiktok menjadi viral dengan mengangkat topik Transgender. Content creator yang berhasil menciptakan crowd melalui konten Transgender tersebut adalah Ian Hugen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemaknaan pesan ypara informan dan viewers terhadap isi konten Ian Hugen terkait pengungkapan dirinya sebagai transgender di media sosial Tiktok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode analisis resepsi dengan mengidentifikasi dan menganalisis kode-kode dominan, negosiasi, dan oposisional. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara FGD (Focus Group Discussion) dengan tujuh orang informan dan dua Triagulator sumber, pertama adalah Bu Hani (pakar gender) dan Asmi (praktisi komunikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat di posisi negosiasi dan tiga lainnya di posisi oposisi. Namun, dalam penelitian ini menghasilkan tidak adanya informan yang berada di posisi dominan hegemonic.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Tiktok, Sosial Media, Transgender, Content Creator
Subjects: Communication Science > Cultural Studies
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rinanti Hasari Wulandari
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:25
Last Modified: 23 Aug 2023 03:25
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8048

Actions (login required)

View Item View Item