Dawam, Khaerud (2024) FAKTOR PENENTU MINAT UMKM INDONESIA BERSERTIFIKAT HALAL TERHADAP PEMBELIAN PRODUK BAHAN BAKU IMPOR. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (COVER)
00.cover.pdf - Submitted Version Download (266kB) | Preview |
Text (BAB I - IV)
01.BAB 1-4.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN)
02.BAB V ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
03.BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAPTAR PUSTAKA)
04.DAPTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (184kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia, dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki potensi ekonomi yang signifikan dalam industri halal. Sertifikasi halal telah menjadi kebutuhan penting bagi produsen dan konsumen Muslim, dengan konsumsi produk halal yang terus berkembang. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia, dan banyak di antaranya tertarik untuk memasuki pasar produk halal yang menjanjikan. Dewasa ini, UMKM ini ingin membeli bahan produksi impor, mereka dihadapkan pada sejumlah faktor yang memengaruhi keputusan pembelian mereka. Pengertian lebih mendalam tentang faktor-faktor ini dapat memberikan pandangan yang berharga bagi pemangku kepentingan industri halal di wilayah ini, serta membantu UMKM bersertifikat halal dalam pengembangan bisnis mereka. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian bahan baku impor bersertifikat halal yang diterbitkan lembaga sertifikasi halal luar negeri oleh UMKM Indonesia. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3.2.6. hasil temuan menunjukkan bahwa, (1) Sikap berpengaruh signifikan terhadap minat UMKM Indonesia untuk membeli bahan baku bersertifikat halal dari lembaga sertifikasi halal luar negeri, (2) Norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap minat UMKM Indonesia untuk membeli bahan baku bersertifikat halal dari lembaga sertifikasi halal luar negeri, (3) Kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap minat UMKM Indonesia untuk membeli bahan baku bersertifikat halal dari lembaga sertifikasi halal luar negeri, serta (4) secara serentak, variabel dependen (minat membeli) dapat dijelaskan sebesar 57% oleh variabel independen (sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku). Ini menunjukkan adanya hubungan moderat yang signifikan antara variabel-variabel tersebut.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Sertifikat Halal, Bahan Produksi, Impor |
Subjects: | Marketing Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | khaerud dawam |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 08:13 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 08:13 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9159 |
Actions (login required)
View Item |