Azzahra, Adelina Santika (2024) UPAYA PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM REELS DALAM MEMBANGUN COMMUNITY ENGAGEMENT (Case Study: @Rahasiagadis Community). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
Revisi Cover 29 02 24.pdf - Submitted Version Download (686kB) | Preview |
Text (Bab I, II dan III)
BAB I, II dan III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (614kB) |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Download (75kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas upaya penggunaan fitur Instagram Reels dalam membangun community engagement (studi kasus komunitas @Rahasiagadis). Komunitas rahasia gadis bergerak dalam bidang edukasi kesehatan mental, yang semenjak fase pandemi covid-19 isu kesehatan mental mulai populer di masyarakat. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana memaksimalkan media sosial sebagai platform komunikasi secara online untuk membangun hubungan baik antar anggota komunitas @Rahasiagadis. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif deskriptif dengan metode analisis cyber public relations yang dielaborasikan dengan circular model of SoMe, yaitu dengan mengamati konten Instagram @Rahasiagadis dan memerhatikan elemen share, optimize, manage, dan engage dari prespektif public relations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membangun community engagement dibutuhkan kreativitas, konsistensi dan kerja sama dalam mengembangkan komunikasi antar anggota agar terbentuk hubungan relasi baik di dalam komunitas. Penggunaan media sosial khususnya Instagram pada tools Instagram Reels dapat membantu diversifikasi informasi konten @Rahasiagadis di sosial media secara online.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Community Engagement, Mental Health, Cyber Public Relations, Circular Model of SoMe, Instagram |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Social Media Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Adelina Santika Azzahra |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 08:25 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 08:25 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9163 |
Actions (login required)
View Item |