Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Bisindo Berbasis Website Dengan Menggunakan Metodologi Duolingo Gamification Method

Rachmansyah, Muhammad Rafi (2024) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Bisindo Berbasis Website Dengan Menggunakan Metodologi Duolingo Gamification Method. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (233kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (120kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dalam konteks perkembangan era digital yang cepat dan transformasi pendidikan akibat pandemi COVID-19, kebutuhan akan aksesibilitas bahasa isyarat, khususnya Bahasa Isyarat Bisindo, bagi masyarakat difabel tuli dan masyarakat umum menjadi semakin penting. Pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa isyarat berbasis website dengan penerapan metodologi Duolingo Gamification Method merupakan solusi yang bertujuan untuk memberikan alternatif pembelajaran yang interaktif dan efektif bagi komunitas difabel tuli dan masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metodologi Duolingo Gamification Method pada website pembelajaran bahasa isyarat BISINDO untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan motivasi belajar pengguna. Usability testing menunjukkan dengan rata – rata kemudahan 93.68% dalam menggunakan website ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berbasis website ini dapat digunakan dengan mudah oleh berbagai tingkatan pengguna. Namun, beberapa area perlu perbaikan untuk memastikan antarmuka lebih intuitif. Penelitian ini menggunakan metode Scrum Solo adaptasi dari Scrum dan Personal Software Process (PSP). Penelitian ini menggunakan teknologi framework React JS, Node JS, dan Express. Pengembangan aplikasi ini didukung oleh hasil uji coba, seperti User Acceptance Testing, Blackbox Testing, dan Usability Testing. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan dan intuitif. Metodologi Duolingo Gamification Method yang diterapkan berhasil memfasilitasi belajar Bahasa Isyarat Bisindo secara menyenangkan dan efektif, baik untuk penyandang tunarungu maupun masyarakat umum yang ingin memahami bahasa isyarat. Kesuksesan aplikasi ini menjadi langkah penting dalam mendukung inklusi dan aksesibilitas bagi komunitas difabel tuli dan masyarakat umum dalam proses pembelajaran bahasa isyarat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Bahasa Isyarat, Bisindo, Duolingo, Gamifikasi, Website
Subjects: Computer Science > Data structures
Computer Science > Information Systems
Computer Science > Web-Based Group Decision Support System (WGDSS)
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Informatika
Depositing User: Muhammad Rafi Rachmansyah
Date Deposited: 21 May 2024 07:30
Last Modified: 21 May 2024 07:30
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9518

Actions (login required)

View Item View Item