Sonic Branding Melalui Podcast Dalam Upaya Promosi Ekranisasi Film Pasutri Gaje Dari Kisah Webtoon

Salsabila, Cantika (2024) Sonic Branding Melalui Podcast Dalam Upaya Promosi Ekranisasi Film Pasutri Gaje Dari Kisah Webtoon. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00. Cover] Text (00. Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (683kB)
[thumbnail of 01. BAB I-III] Text (01. BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB V] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of 04. BAB Daftar Pustaka.pdf] Text (04. BAB Daftar Pustaka.pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (98kB)
[thumbnail of 05. Lampiran] Text (05. Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

"Pasutri Gaje" (singkatan dari "Pasangan Suami Istri Gak Jelas") merupakan salah satu karya terkenal di Platform Webtoon yang banyak diminati pembaca. Popularitas Webtoon ini memunculkan minat untuk mengadaptasinya menjadi film layar lebar. Proses ini melibatkan ekranisasi atau konversi cerita dari format komik digital menjadi naskah film yang bisa dinikmati di bioskop. Untuk menarik perhatian penonton dalam skala besar, film memerlukan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu strategi yang digunakan oleh rumah produksi adalah konsep Sonic Branding atau penggunaan suara sebagai sarana untuk meningkatkan respon emosional dari audiens. Melalui promosi menggunakan audio atau podcast yang diintegrasikan dengan visual, informasi seputar Film Pasutri Gaje berhasil mencapai tingkat kredibilitas yang tinggi. Kredibilitas sumber atau Source of Credibility ini menjadi penting karena dapat mempengaruhi keyakinan, pendapat, sikap, dan perilaku penonton. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus untuk mengeksplorasi hubungan antara dimensi Ketertarikan akan daya tarik visual seorang juru bicara atau idola (Source of Credibility) dengan dimensi Koneksi Emosional (Sonic Branding) yang dihasilkan dari strategi promosi Film Pasutri Gaje melalui podcast channel Youtube. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan mendatangkan Reza Rahadian ke podcast channel Youtube dalam upaya promosi film "Pasutri Gaje" telah berhasil mempromosikan melalui daya tarik pribadinya yang kuat. Kemampuannya untuk membentuk koneksi emosional dengan penonton memainkan peran penting dalam menarik minat orang untuk menonton film tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Ekranisasi Film, Source of Credibility, Sonic Branding, Podcast channel Youtube
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cantika Salsabila
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:57
Last Modified: 06 Aug 2024 01:57
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9727

Actions (login required)

View Item View Item