Sundawa, Donny Ostrianto (2024) Analisis dan Perancangan Aplikasi AdVenture Marketplace Pelaku Usaha dan Influencer Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Kanban. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (222kB) |
|
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemudahan akses dan promosi melalui media sosial telah membantu penggiat usaha lokal untuk lebih dikenal oleh konsumen, termasuk di luar daerah. Semenjak pandemi COVID-19, cara untuk mempromosikan produk semakin beragam, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa influencer sebagai media pemasaran. Berdasarkan data dari lembaga survei Nielsen pada bulan September 2022, 80% pengguna media sosial di Asia yang mengikuti influencer di media sosial lebih mungkin atau jauh lebih mungkin untuk membeli produk ketika mereka direkomendasikan oleh influencer tersebut. Namun saat ini belum ada aplikasi yang dirancang khusus sebagai sarana atau wadah penghubung antara penggiat usaha lokal dengan influencer yang dapat membantu memasarkan bisnis mereka. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk mengembangkan aplikasi yang dapat mengatasi masalah tersebut dengan membuat suatu platform marketplace yang menghubungkan antara penggiat usaha lokal dengan influencer, yang diberi nama AdVenture. Aplikasi AdVenture merupakan aplikasi web yang dibangun dengan tujuan membantu para pemilik usaha untuk memasarkan produk miliknya menggunakan strategi pemasaran digital. Hasil dari penelitian ini menegaskan bahwa aplikasi AdVenture memiliki potensi untuk diterima dengan baik oleh pelaku usaha, dan menjadi solusi yang berkelanjutan dalam mengatasi masalah penghubung antara pelaku usaha lokal dengan influencer. Sebanyak 76,77% responden berpendapat bahwa aplikasi AdVenture telah memberikan pilihan influencer yang sesuai dengan kriteria kebutuhan usahanya. Lalu 78,06% responden beranggapan bahwa penilaian dan ulasan di aplikasi AdVenture pada setiap influencer telah membantu mereka sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sosok influencer yang tepat.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Influencer, Marketplace, Web Application |
Subjects: | Business > Advertising Management > Business Plan > Business > Advertising Marketing > Advertising Computer Science > Web-Based Group Decision Support System (WGDSS) > Web-Based Computer Science > Web-Based Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Informatika |
Depositing User: | Donny Ostrianto Sundawa |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 06:52 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 06:52 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9785 |
Actions (login required)
View Item |