Respon Kebijakan Pemerintah Indonesia Terhadap Fenomena Transformasi Digital: Studi Kasus Social Commerce Aplikasi TikTok Shop Tahun 2023

Alemina, Syahrani (2024) Respon Kebijakan Pemerintah Indonesia Terhadap Fenomena Transformasi Digital: Studi Kasus Social Commerce Aplikasi TikTok Shop Tahun 2023. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (246kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (279kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Era digitalisasi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terkhusus dalam sebuah negara memajukan dalam aspek industri. Melahirkan keberagaman manfaat dan peningkatan bagi perekonomian negara dengan keberadaan e-commerce. Perkembangan zaman yang kian massif, menghadirkan kegiatan bisnis baru berupa social commerce. Banyak dimanfaatkan oleh beberapa aplikasi sebagai tujuan mempromosikan produk yang dimiliki. TikTok Shop salah satu aplikasi dengan menerapkan social commerce, namun dengan penyimpangan pemanfaatan terhadap social commerce. Perbedaan harga, penyalahgunaan social commerce hingga dugaan lainnya terhadap TikTok. Penelitian ini merujuk pada respon pemerintah terhadap fenomena transformasi digital dalam kasus TikTok Shop. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui sumber data yang berasal dari data sekunder yang berasal dari portal-portal media online hingga laman resmi pemerintahan. Serta diolah dengan bentuk studi kasus dengan menjelaskan fenomena kasus TikTok Shop. Penelitian ini turut menggunakan strategi Competition Laws dan serta teori Kebijakan publik yang menjadi acuan dalam penulisan penelitian ini. Dengan siklus kebijakan publik, penelitian ini menjelaskan respon dan tindakan pemerintah dengan proses awal pembentukan kebijakan. Serta membahas pada indikator dalam strategi Competition Laws.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: TikTok Shop, Kebijakan Publik, Social Commerce
Subjects: Political Science > Public Policy
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Syahrani Alemina
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:29
Last Modified: 03 Sep 2024 06:29
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9972

Actions (login required)

View Item View Item