KEBERASAAN PESAN LOVE CAMPAIGN DALAM HOTEL BRANDING (Studi Resepsi Traveler-Backpaker dengan Pendekatan Model Komunikasi Berasa)

Dzaky, Dzaky Mubaraq Ulya (2023) KEBERASAAN PESAN LOVE CAMPAIGN DALAM HOTEL BRANDING (Studi Resepsi Traveler-Backpaker dengan Pendekatan Model Komunikasi Berasa). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Saat pandemi Covid-19, komunitas pengusaha hotel di Yogyakarta menyelenggarakan kampanye “From Jogja with Love” yang dikenal juga dengan sebuatan Love Campaign untuk menunjukkan kepedulian dan keprihatinan terhadap situasi pandemi, sekaligus menunjukkan eksistensi perhotelan yang ikut terdampak PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) oleh pemerintah. Berita dan representasi visual kampanye tersebut menyebar luas melalui media sosial dan daring. Penelitian ini focus pada resepsi para traveler dan backpacker terhadap Love Campaign melalui pendekatan teori Komunikasi Berasa (experientially-meaningful communication). Menggunakan metode analisis resepsi dengan wawancara mendalam terhadap tiga informan utama, penelitian ini menemukan berbagai makna keberasaan pesan, baik dari dimensi keberasaan pesan indrawi, emosional, rasional, relevansional, benefisial, dan sosial. Keberasaan pesan kampanye didukung oleh strategi komunikasi yang mengoptimalkan situasi pandemi, sehingga para backpacker merasakan makna yang mendalam di tengah keterbatasan dan pembatasan gerak fisik. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan teori Komunikasi Berasa dalam konteks hotel branding dan dapat menjadi rujukan bagi para profesional untuk menerapkan strategi komunikasi berasa guna mengefektifkan pesan kampanye dan mendekatkan merek dan konsumen, terutama dalam situasi-situasi spesifik seperti pandemi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Hotel Branding, Analisis Resepsi, Wijaya’s Komunkasi Berasa, Love Campaign, Pandemi Covid-19
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dzaky Mubaraq Ulya
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:33
Last Modified: 22 Aug 2023 02:33
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7913

Actions (login required)

View Item View Item