PENGALAMAN PERSEPTUAL GENERASI Z TERHADAP UTANG PEMERINTAH

Nandia, Megan (2024) PENGALAMAN PERSEPTUAL GENERASI Z TERHADAP UTANG PEMERINTAH. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keputusan yang bisa memberikan dampak pada keuangan adalah keputusan untuk berutang. Utang adalah salah satu hal yang sering kali dinilai sebagai sesuatu yang buruk apabila dikaitkan dengan utang pribadi. Citra utang pribadi yang identik dengan dampak negatif yang ditimbulkannya, telah membawa citra serupa apabila dikaitkan dengan skala utang yang lebih besar yaitu utang Pemerintah. Maraknya pemberitaan media terkait dengan isu utang Pemerintah juga berperan dalam menggiring opini masyarakat yang berujung pada terciptanya persepsi terkait dengan isu tersebut. Latar belakang dan pengalaman masyarakat yang dikaitkan dengan terpaan pemberitaan mengenai utang dengan sentimen negatif berpotensi memengaruhi persepsi generasi muda khususnya generasi Z. Pendekatan fenomenologi persepsi digunakan untuk memberikan gambaran fenomenologi tentang pengalaman dari generasi Z terhadap isu utang Pemerintah dan bagaimana mereka memaknai pengalaman tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori fenomeologi persepsi dan govermental branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman perseptual generasi Z terhadap isu utang Pemerintah dapat dipengaruhi oleh kekuatan media, khususnya media massa. Selain itu, generasi Z yang menggunakan infrastruktur publik dalam kesehariannya, lebih dapat memberikan persepsi positif terhadap utang pemerintah. Sedangkan berdasarkan pengalaman penilaian yang dilakukan generasi Z terhadap utang Pemerintah, ditemukan adanya ambiguitas persepsi dalam menilai utang Pemerintah dari sisi baik dan buruk. Membangun persepsi yang baik terkait pengelolaan utang oleh Pemerintah dapat meningkatkan kepercayaan, loyalitas, dan partisipasi masyarakat terhadap kinerja Pemerintah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi Persepsi, Generasi Z, Governmental Branding, Kementerian Keuangan
Subjects: Communication Science
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Megan Nandia
Date Deposited: 19 Feb 2024 10:02
Last Modified: 19 Feb 2024 10:02
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item View Item