ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT KECURANGAN POMPA UKUR BBM (Studi Kasus SPBU E di Kabupaten Jepara)

Citra, Annisa Kurnia (2024) ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT KECURANGAN POMPA UKUR BBM (Studi Kasus SPBU E di Kabupaten Jepara). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB Daftar Pustaka]
Preview
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan bahan bakar minyak mengalami peningkatan setiap tahun. Masalah yang sering terjadi terkait pendistribusian BBM yaitu adanya keraguan masyarakat terhadap kebenaran takaran karena banyak kasus kecurangan pompa ukur BBM yang terjadi meski telah dilakukan pengujian setiap tahun oleh Unit Metrologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terkait kecurangan pompa ukur BBM, tindaklanjut pihak SPBU terhadap persepsi masyarakat, dan pengaruh pengawasan pompa ukur yang dilakukan oleh unit metrologi apakah menimbulkan perubahan terhadap persepsi masyarakat atau tidak. Pengambilan data dilakukan di Kabupaten Jepara. Data yang dipergunakan berupa data primer hasil wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, skripsi serta dokumen milik Unit Metrologi Kab. Jepara. Terdapat persepsi negatif dari masyarakat terhadap SPBU E di Kab. Jepara diduga melakukan tindakan kecurangan pompa ukur BBM, pihak SPBU E telah mengetahui adanya persepsi negatif tersebut dan berupaya meningkatkan kualitas pelayanan SPBU. Pengawasan yang telah dilakukan oleh unit metrologi terhadap SPBU E tidak terbukti melakukan tindakan kecurangan. Perbedaan persepsi masyarakat terhadap SPBU E setelah adanya pengawasan belum dapat disimpulkan karena memerlukan waktu lebih. Penelitian ini diharapkan dapat meminimalisir tindakan kecurangan pompa ukur BBM karena masyarakat telah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan pengisian di SPBU.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Persepsi masyarakat, SPBU, kecurangan pompa ukur, unit metrologi
Subjects: Customer Behavior
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Annisa Kurnia Citra
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:51
Last Modified: 28 Feb 2024 09:51
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9119

Actions (login required)

View Item View Item