STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS PEDAGANG PASCA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA PUD PETISAH MEDAN)

Mendrofa, Fenty Permatasari (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS PEDAGANG PASCA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA PUD PETISAH MEDAN). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB Daftar Pustaka]
Preview
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terkait fenomena pandemic Covid-19 pada pedagang pasar Petisah Medan. Adanya pandemi COVID-19 membuat pedagang pasar Petisah Medan mengalami permasalahan ekonomi. Oleh karena itu para pedagang harus menyesuaikan di kondisi ini dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat dalam mempertahankan usaha pedagang pasca pandemi COVID-19. Fokus strategi pemasaran dalam penelitian ini ini mengacu pada 7P atau Service Marketing Mix. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata- kata. Sumber data penelitian ini berupa wawancara terhadap 3 orang pedagang pasar Petisah yang merupakan informan yang pernah merasakan dampak pandemi Covid-19 dan 2 orang pengunjung yang datang berbelanja ke pasar Petisah Medan. Peneliti menyimpulkan terdapat beberapa pembahasan, khususnya strategi, kendala, dan solusi. Strategi yang dilakukan pedagang Petisah adalah dengan menggabungkan 7P (Produk, Promosi, Harga, Tempat, Orang, Proses dan Bukti Fisik). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa seluruh informan merasakan dampak pandemi Covid-19 terhadap usahanya sehingga menyebabkan penurunan pendapatan pedagang dan ketidakmampuan menjalankan aktivitas usaha pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini mengeksplorasi strategi pemasaran para pedagang di Pasar Medan Petisah untuk mempertahankan usahanya pasca pandemi Covid-19. Lebih lanjut penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pedagang di Pasar Petisah Medan menerapkan bauran pemasaran pada masa pandemi Covid-19. Para pedagang hendaknya berperan dalam mempromosikan Pasar Petisah Medan di era new normal pandemi Covid-19, agar semakin banyak pengunjung yang datang ke Pasar Petisah. Dengan menerapkan strategi promosi yang baik, menawarkan promosi dan diskon untuk menarik pengunjung yang berminat.. Para pedagang di Pasar Petisah Medan dapat memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan atau menawarkan produk kepada konsumennya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Covid-19
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Customer Behavior
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Fenty Permatasari Mendrofa
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:43
Last Modified: 14 Mar 2024 01:43
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9331

Actions (login required)

View Item View Item