ANALISIS STRATEGI BISNIS STUDI KASUS PADA START-UP JETSCHOOL

Suratman, Iing (2019) ANALISIS STRATEGI BISNIS STUDI KASUS PADA START-UP JETSCHOOL. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (719kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 Bab 1-IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 Bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 Bab VI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dunia hari ini sedang menghadapi fenomena disruption (disrupsi), situasi di mana pergerakan dunia atau persaingan kerja tidak lagi linear. Perubahannya sangat cepat, fundamental dengan mendestrupsi pola tatanan lama untuk menciptakan tatanan baru. Tidak terkecuali sekolah akan menghadapi tantangan tersebut, salah satu langkah menuju tatanan baru manajemen dan sistem informasi sekolah , Jetshool sebuah platform terintegrasi yang mudah digunakan serta menawarkan pembaharuan aspek penting pengelolaan manajemen dan informasi sekolah berbasis teknologi yang bertujuan meningkatkan mutu pelayanan sekolah melalui keterlibatan orang tua yang intensif, ujian berbasis komputer, absen sidik jari dengan notifikasi kehadiran, informasi, undangan, pengumuman cepat dan tepat, pengelolaan perpustakaan, keuangan, laporan hasil belajar, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun strategi kompetitif berdasarkan hasil analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Analisis dilakukan terhadap data sekunder karena akses ke data primer tidak didapatkan. Alat bantu yang digunakan dalam analisis antara lain analisis PESTL, Porter’s Five Force, Matriks EFE (External Factor Evaluation), Analisis Fungsional, Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), dan Matriks CPM (Competitive Profile Matrix). Penyusunan strategi menggunakan alat bantu Matriks IE (Internal-External), Matriks SWOT, Porter’s Generic Strategies, dan Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Kemudian implementasi strategi menggunakan alat bantu Balanced Scorecard (BSC). Hasil analisis menunjukkan bahwa Jetschool dapat memanfaatkan peluang dan mengurangi ancaman dengan skor 2,49 dan dapat memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan dengan skor 3,48. Strategi yang dilakukan berupa yaitu meningkatkan integrasi produk, penambahan fitur layanan serta kerjasama dengan yasayan sekolah Muslim karena market sekarang adalah sekolah mulim, Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan keuntungan serta brand awareness dari Jetschool untuk dapat terus berkembang di Indonesia.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Jetschool, Balanced Scorecard, Matriks IE, Matriks QSPM, Penyusunan Strategi
Subjects: Business
Management > Business Plan > Business
Business > Entrepreneurship
Management > Business Plan > Business > Entrepreneurship
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: IING SURATMAN
Date Deposited: 20 Aug 2019 09:43
Last Modified: 20 Aug 2019 09:43
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item