REPRESENTASI PERILAKU KONSUMTIF KELAS SOSIAL MENENGAH DALAM AKUN INSTAGRAM JOUSKA (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Faris, Sarah Puspita (2019) REPRESENTASI PERILAKU KONSUMTIF KELAS SOSIAL MENENGAH DALAM AKUN INSTAGRAM JOUSKA (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Jouska merupakan perusahaan konsultan finansial yang menggunakan media sosial instagram sebagai salah satu media pemasarannya. Salah satu keunikan dari gaya berkomunikasi yang digunakan oleh Jouska yaitu dengan menggunakan teknik story telling, termasuk dalam konten bertema perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis simbol-simbol yang terdapat dalam akun Instagram Jouska yang membentuk representasi perilaku konsumtif kelas sosial menengah, dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana makna denotatif, konotatif, mitos, dan representasi perilaku konsumtif masyarakat kelas sosial menengah dalam akun instagram Jouska. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, dimana analisis ini mengurai makna denotatif, konotatif, dan mitos yang terdapat dalam konten instagram Jouska yang bertema perilaku konsumtif. Temuan yang didapatkan merepresentasikan perilaku konsumtif kelas sosial menengah dengan kecantikan lebih utama dibandingkan dengan kondisi keuangan, mengutamakan kesenangan dan emosional saat berlibur menyebabkan pengeluaran uang yang boros, dan berbelanja dengan mengandalkan sisi emosional dan impulsif menyebabkan pengeluaran uang yang boros

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif, kelas sosial menengah, instagram, semiotika Roland Barthes
Subjects: Customer Behavior
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: SARAH PUSPITA FARIS
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:29
Last Modified: 23 Aug 2019 07:29
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item