Makna Universalitas Cinta Dalam Music Video ‘Love Wins All’ Oleh IU: Studi Analisis Resepsi

Efendi, Rinny Septiani (2024) Makna Universalitas Cinta Dalam Music Video ‘Love Wins All’ Oleh IU: Studi Analisis Resepsi. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Accepted Version

Download (447kB)
[thumbnail of BAB 1-3] Text (BAB 1-3)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
02. BAB IV.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
03. BAB V.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Accepted Version

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lagu dengan judul Love Wins All menjadi perbincangan karena lirik dan music videonya yang menarik yaitu adanya isu disabilitas. Perbincangan mengenai lagu Love Wins All ini dilatarbelakangi oleh music videonya yang menggambarkan adanya universalitas cinta antara kedua insan yang mempertahankan cintanya walaupun memiliki disabilitas masing-masing yaitu buta dan tuli. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana resepsi penonton terhadap makna universalitas cinta dalam music video tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, desain analisis resepsi dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara Focus Group Discussion (FGD). Penulis membagi penonton dalam dua kategori yaitu penggemar Korea Selatan dan non penggemar Korea Selatan untuk melihat bagaimana resepsi tidak hanya dari perspektif penggemar. Hasil penelitian menunjukkan beragam reaksi dan pendapat dari informan terhadap makna universalitas cinta dalam music video. Terdapat lima informan berada dalam kelompok dominan yang menyetujui adanya makna universalitas cinta seperti adanya emosional, psikologis, pengorbanan, sosial dan intelektual. Satu informan yang berada pada posisi negosiasi yang setuju tetapi mempunyai pendapat sendiri tentang keterbatasan ekonomi bukan hanya keterbatasan fisik, dan satu informan berada pada posisi oposisi yang mengatakan bahwa terlalu dramatis penyampaian pesannya melalui music video.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Universality of love, reception analysis, music video, love wins all
Subjects: Communication Science
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rinny Septiani Efendi
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:55
Last Modified: 30 Aug 2024 02:55
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item View Item