PENGARUH FAKTOR EKONOMI DAN NON-EKONOMI TERHADAP MINAT CALON PERUSAHAAN MITRA UNTUK MENJADI DEALER AC PANASONIC DI INDONESIA

Saputra, Heri (2024) PENGARUH FAKTOR EKONOMI DAN NON-EKONOMI TERHADAP MINAT CALON PERUSAHAAN MITRA UNTUK MENJADI DEALER AC PANASONIC DI INDONESIA. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version

Download (329kB)
[thumbnail of BAB I-IV] Text (BAB I-IV)
01.BAB I-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
02.BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
03. BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of DAPTAR PUSTAKA] Text (DAPTAR PUSTAKA)
04. BAB DAPTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (200kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy

Abstract

Panasonic Gobel Indonesia merupakan market leader pada industri elektronik di Indonesia. Guna mempertahankan sustainibilitas perusahaan maka diperlukan strategi yang tepat pada kompetisi pasar. Strategi pemasaran melalui dealer-dealer mitra khususnya untuk Business To Business (B2B) Project yang tersebar di Indonesia menjadi salah satu pendekatan yang efektif bagi Panasonic Gobel Indonesia dalam memasarkan produk AC mereka. Mitra dealer yang berkwalitas tentu dihasilkan dari proses seleksi oleh Panasonic Gobel Indonesia dari para calon mitra. Dealer berupa calon perusahaan mitra sendiri memiliki motivasi masing-masing yang mempengaruhi mereka. Oleh karena itu, analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat calon perusahaan mitra untuk menjadi dealer AC Panasonic sangat penting dalam konteks strategi pemasaran dan distribusi perusahaan. Pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat mereka dapat membantu PT. Panasonic Gobel Indonesia dalam merancang strategi yang lebih efektif dalam merekrut dan mempertahankan dealer-dealer yang berkualitas. Faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi minat meliputi willingness to pay, kepuasan ekonomi, adherence, dan persepsi terhadap kualitas produk. Faktor-faktor non-ekonomi yang dianalisis meliputi sikap terhadap merek, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Tujuan penelitian ini untuk memahami faktor ekonomi dan faktor non-ekonomi yang mempengaruhi minat calon perusahaan mitra untuk menjadi dealer AC Panasonic di Indonesia. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan memanfaatkan teknik pengumpulan data dengan melalui kuesioner dengan analisis data menggunakan PLS-SEM. Jumlah responden adalah 70 perusahan calon mitra dealer dengan sebaran acak di seluruh wilayah Indonesia. Hasil penelitian bahwa kedua jenis faktor memiliki pengaruh signifikan terhadap minat, dengan faktor ekonomi menunjukkan pengaruh yang lebih kuat. Faktor ekonomi seperti willingness to pay dan persepsi kualitas produk menjadi determinan utama yang mendorong minat perusahaan untuk bermitra, mencerminkan pentingnya aspek finansial dan nilai produk dalam keputusan bisnis. Faktor non ekonomi, meskipun pengaruhnya lebih lemah, juga terbukti signifikan. Aspek-aspek seperti sikap terhadap merek, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan mempengaruhi keputusan perusahaan untuk menjadi dealer. Sikap positif terhadap merek Panasonic, dukungan sosial, dan keyakinan dalam kemampuan untuk menjalankan peran dealer berkontribusi terhadap peningkatan minat calon mitra. Temuan ini menegaskan bahwa strategi pemasaran yang efektif harus memperhitungkan kedua jenis faktor ini untuk menarik dan mempertahankan dealer berkualitas.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Keywords: Panasonic, Marketing, Sustainibilitas
Subjects: Management > Business Process Management
Marketing > Commercial Products
Management > Corporate Strategy
Management
Marketing
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Heri Saputra
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:03
Last Modified: 05 Sep 2024 03:03
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item