Martua, William Johanes Sahat (2025) Komodifikasi Petualangan dan Humblebragging: Analisis Semiotik Roland Barthes pada Iklan Koper Globe-Trotter by le FLEUR*. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04.Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05.Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Kolaborasi antara brand dari musisi Tyler, The Creator yaitu GOLF le FLEUR* dengan brand produsen koper ikonik asal Inggris yaitu Globe-Trotter; dapat dilihat pada iklan Globe-Trotter by le FLEUR*. Keunikan yang ditawarkan pada narasi petualangan dan dibungkus dalam humblebragging menjadi daya tarik peneliti untuk menganalisa iklan tersebut dengan semiotik Roland Barthes. Dengan konsep humblebragging (Paramita & Septianto, 2021) yang membungkus konsep utama iklan, dan petualangan (Ingman, 2017) yang dikomodifikasi—ditemukan oleh peneliti menggunakan pendekatan analisis Roland Barthes. Penelitian kualitatif ini menemukan hasil berupa makna denotatif, makna konotati, dan mitos pada scene di iklan. Serta melihat bagaimana humblebragging diimplementasikan. Dari hasil analisa makna konotatif petualangan yang didapat, peneliti menemukan adanya mitos ‘harapan’ dari Tyler Okonma; budaya kulit hitam, keluarga, dan batasan yang ditembus.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan, GOLF le FLEUR*, Globe-Trotter, Semiotik, Barthes, Humblebragging, Petualangan, Mitos |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Semiotics and Consumer Culture Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | William Johanes Sahat Martua |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:55 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |