Komodifikasi Petualangan dan Humblebragging: Analisis Semiotik Roland Barthes pada Iklan Koper Globe-Trotter by le FLEUR*

Martua, William Johanes Sahat (2025) Komodifikasi Petualangan dan Humblebragging: Analisis Semiotik Roland Barthes pada Iklan Koper Globe-Trotter by le FLEUR*. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I-III] Text (Bab I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04.Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05.Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Kolaborasi antara brand dari musisi Tyler, The Creator yaitu GOLF le FLEUR* dengan brand produsen koper ikonik asal Inggris yaitu Globe-Trotter; dapat dilihat pada iklan Globe-Trotter by le FLEUR*. Keunikan yang ditawarkan pada narasi petualangan dan dibungkus dalam humblebragging menjadi daya tarik peneliti untuk menganalisa iklan tersebut dengan semiotik Roland Barthes. Dengan konsep humblebragging (Paramita & Septianto, 2021) yang membungkus konsep utama iklan, dan petualangan (Ingman, 2017) yang dikomodifikasi—ditemukan oleh peneliti menggunakan pendekatan analisis Roland Barthes. Penelitian kualitatif ini menemukan hasil berupa makna denotatif, makna konotati, dan mitos pada scene di iklan. Serta melihat bagaimana humblebragging diimplementasikan. Dari hasil analisa makna konotatif petualangan yang didapat, peneliti menemukan adanya mitos ‘harapan’ dari Tyler Okonma; budaya kulit hitam, keluarga, dan batasan yang ditembus.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Iklan, GOLF le FLEUR*, Globe-Trotter, Semiotik, Barthes, Humblebragging, Petualangan, Mitos
Subjects: Communication Science
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: William Johanes Sahat Martua
Date Deposited: 30 Jan 2025 02:55
Last Modified: 30 Jan 2025 02:55
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item