ANALISIS PROFIL SENSORI DAN EMOSIONAL PRODUK MINUMAN PLANT-BASED PADA KONSUMEN UMUM

Ananda, Gina Ashfia (2025) ANALISIS PROFIL SENSORI DAN EMOSIONAL PRODUK MINUMAN PLANT-BASED PADA KONSUMEN UMUM. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (862kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
01. BAB I-II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
02. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
03. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (259kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Konsumsi minuman berbasis nabati (plant-based) semakin meningkat seiring dengan tren pola makan sehat dan pengurangan konsumsi produk hewani. Namun, penerimaan konsumen terhadap minuman ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu profil sensori dan respon emosional yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen berdasarkan tingkat kesukaan, profil sensori dan emosional dari berbagai produk minuman plant-based yang tersedia di pasaran. Evaluasi sensori dilakukan dalam kondisi blind dan unblind test. Sebanyak 70 panelis diminta menilai masing-masing produk dengan memberikan skor kesukaan keseluruhan. Selain itu, 18 atribut profil sensori dan emosional dievaluasi menggunakan metode Check-All-That-Apply (CATA). Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa minuman berbasis multigrain memiliki tingkat kesukaan tertinggi, sedangkan minuman almond memperoleh skor terendah baik dalam kondisi blind maupun unblind pada kosumen minuman plant-based, non-konsumen minuman plant-based dan konsumen umum. Analisis profil sensori mengidentifikasi terdapat perbedaan atribut profil sensori pada setiap golongan konsumen dan identitas produk serta informasi tentang minuman plant-based dapat mempengaruhi persepsi hedonik, atribut profil sensori dan emosional konsumen. Temuan ini dapat digunakan sebagai panduan dalam pengembangan produk minuman plant-based yang lebih disukai oleh konsumen umum.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Minuman Plant-based, Profil Sensori, Emosi Konsumen, Uji Hedonik, CATA
Subjects: Food Science and Technology
Food Science and Technology > Analisis Sensori
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Gina Ashfia Ananda
Date Deposited: 28 Feb 2025 08:21
Last Modified: 28 Feb 2025 08:21
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

View Item View Item