Ananda, Gina Ashfia (2025) ANALISIS PROFIL SENSORI DAN EMOSIONAL PRODUK MINUMAN PLANT-BASED PADA KONSUMEN UMUM. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (862kB) |
![]() |
Text (BAB I-II)
01. BAB I-II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
02. BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
03. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (259kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Konsumsi minuman berbasis nabati (plant-based) semakin meningkat seiring dengan tren pola makan sehat dan pengurangan konsumsi produk hewani. Namun, penerimaan konsumen terhadap minuman ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu profil sensori dan respon emosional yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen berdasarkan tingkat kesukaan, profil sensori dan emosional dari berbagai produk minuman plant-based yang tersedia di pasaran. Evaluasi sensori dilakukan dalam kondisi blind dan unblind test. Sebanyak 70 panelis diminta menilai masing-masing produk dengan memberikan skor kesukaan keseluruhan. Selain itu, 18 atribut profil sensori dan emosional dievaluasi menggunakan metode Check-All-That-Apply (CATA). Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa minuman berbasis multigrain memiliki tingkat kesukaan tertinggi, sedangkan minuman almond memperoleh skor terendah baik dalam kondisi blind maupun unblind pada kosumen minuman plant-based, non-konsumen minuman plant-based dan konsumen umum. Analisis profil sensori mengidentifikasi terdapat perbedaan atribut profil sensori pada setiap golongan konsumen dan identitas produk serta informasi tentang minuman plant-based dapat mempengaruhi persepsi hedonik, atribut profil sensori dan emosional konsumen. Temuan ini dapat digunakan sebagai panduan dalam pengembangan produk minuman plant-based yang lebih disukai oleh konsumen umum.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minuman Plant-based, Profil Sensori, Emosi Konsumen, Uji Hedonik, CATA |
Subjects: | Food Science and Technology Food Science and Technology > Analisis Sensori Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan |
Depositing User: | Gina Ashfia Ananda |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 08:21 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 08:21 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |