STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING FAMA ENTERTAINMENT WEDDING ORGANIZER UNTUK PENINGKATAN KINERJA (PANGSA PASAR) DI JAKARTA

Rahmawati, Nurmalinda (2025) STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING FAMA ENTERTAINMENT WEDDING ORGANIZER UNTUK PENINGKATAN KINERJA (PANGSA PASAR) DI JAKARTA. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00 COVER] Text (00 COVER)
00. COVER.pdf - Accepted Version

Download (250kB)
[thumbnail of 01 BAB I-III] Text (01 BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV-V] Text (02. BAB IV-V)
02. BAB IV-V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB VI] Text (03. BAB VI)
03. BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[thumbnail of 04. DAFTAR PUSTAKA] Text (04. DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (133kB)
[thumbnail of 05. LAMPIRAN] Text (05. LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Wedding organizer di Indonesia mengalami kurangnya minat masyarakat berdasarkan pada hasil survey yang dibagikan oleh Kompas yang mana sebanyak 41% pernikahan digelar secara sederhana dan intim sebanyak 39% sehingga dapat didefinisikan bahwa sebanyak 80% masyarakat Indonesia tidak menggunakan jasa wedding organizer. Sedangkan sebanyak 20% orang memilih mengadakan acara pernikahan mereka dengan mewah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi segmentasi, targeting dan positioning FAMA Entertainment wedding organizer untuk peningkatan kinerja (pangsa pasar) di jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survei elektronik yang mana terkumpul sebanyak 105 data responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis cluster untuk mengidentifikasi segmentasi pasar berdasarkan karakteristik dan preferensi mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga klaster utama yang potensial, yaitu Foodie Social Butterfly (cluster 1), Gamer Intimate (cluster 2) dan Fashionista Trendsetter (cluster 3). Dari ketiga klaster tersebut, cluster 1 Foodie Social Butterfly diidentifikasi sebagai target segmen yang paling menjanjikan bagi FAMA Entertainment. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini merekomendasikan strategi positioning yang menekankan pada pengalaman bukan hanya layanan saja. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan implementasi marketing mix 7P yang terintegrasi untuk menjangkau dan menarik target segmen. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik mengenai pasar wedding organizer, FAMA Entertainment di DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, Targeting, Positioning, Wedding Organizer, DKI Jakarta, K-Means Clustering, Marketing Mix 7P.
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Management > Corporate Strategy
Management Research > Market Orientation
Thesis > Thesis (S2)
Knowledge Management > knowledge management frameworks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Nurmalinda Rahmawati
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:52
Last Modified: 07 Mar 2025 03:52
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11491

Actions (login required)

View Item View Item